Jumat, Januari 26, 2007

mau... tau... ajah...

gue pengen ngebuat semacam otokritik bagi diri kita sendiri. bangsa indonesia dikenal ramah, baik hati, santun, dll. mungkin kalo cuma sekilas orang luar melihat kita seperti itu. tapi ada satu budaya bangsa kita yang tidak perlu kita banggakan namun semakin hari semakin mengkhawatirkan. BUDAYA INGIN TAHU.

liat aja gimana infotainment merebak dalam waktu satu dasawarsa terakhir. awal kehadiran infotainment memang masih berisi "informasi" dalam ranah hiburan atau "entertainment". tapi belakangan ini, segala macam eksploitasi terhadap pernak pernik keselebritisan yang dimiliki seorang selebritis semakin menggila. gak jarang gue ngeliat hal-hal sepele seperti: kenapa si A sekarang jarang maen sinetron, ato si B sekarang rambutnya dicat pirang. in the name ofGOD!!! apa pentingnya informasi semacam itu buat kita? seorang dosen saya mengatakan bahwa infotainment adalah proses pembodohan yang dilakukan secara massif dan simultan. gue sepakat banget. tapi anehnya... walaupun kita tau itu pembodohan, tapi kita tetep aja berpartisipasi sebagai peserta pembodohan tersebut.

hal ini dikarenakan kita yang memang memiliki budaya ingin tahu tinggi. sangat ingin tahu sampai-sampai melanggar batasan hak yang dimiliki orang. masih ingat bagaimana ketika kasus perceraian reza dan aji massaid merebak, ataupun kasus poligami aa gym yang baru saja kita bahas. siapa yang nggak berang kalo kehidupan pribadinya diusik? kenapa orang laen harus tau segala macem tentang selebritis.

gue sempet berdiskusi dengan beberapa temen gue ttg hal ini, ada temen gue yang berargumen: orang indonesia itu nggak sebegitunya pengen tau. mereka cuma pengen tau tentang orang ngetop aja. coba kalo misalnya orang biasa-biasa aja yang poligami... siapa yang peduli?

oh ya?
benarkah?

sekarang kita akan ngadain workshop virtual kecil-kecilan.
sekarang pejam mata lo, dan bayangkan lo keluar dari rumah lo. lo jalan di jalanan berjalan kaki. kemudian lo berpapasan dengan temen lo. nah sekarang bayangkan percakapan apa yang terjadi diantara lo berdua?

gue kasih waktu buat lo mikir selama 10 detik
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
time's up!

okay, let me guess!
lo papasan dan lo mungkin bakal ngasih salam
lo : hai!
temen lo : eh... hai!
lo : apa kabar?
temen lo : baek, lo sendiri gimana?
lo : alhamdulillah baek juga. eh, dari mana lo?
temen lo : oh, dari warung beli korek. lo sendiri mau ke mana?
lo : mau maen ke rumah candra.

yah, gue tebak kira-kira percakapan yang bakal terjadi bakal demikian. sekarang lo coba make gaya percakapan lo kayak tadi di amerika ato inggris. pasti gak bakal keterima sama society di sana.

mau kemana lo? dari mana lo? mungkin kita nganggep itu sebagai basa-basi, chit-chat ala kadarnya kalo ketemu temen. tapi jelas kalo pertanyaan kayak gitu bener-bener mau nyampurin urusan orang laen. bahkan budaya ingin tau yang berlebih ini begitu mengakarnya sampe-sampe dalam basa-basi pun muncul.
coba kalo kita bandingin dengan basa-basinya orang luar negeri. biasanya mereka bakalan bilang,"cuacanya cerah ya?" ato,"udah tiga hari ini gak turun hujan ya", ato mungkin yang agak berbobot (biasanya dipake kalo lagi nunggu ato lagi punya waktu banyak),"cuacanya cerah ya...", atau "badai katrina kemaren bener-bener ganas ya?". gak keliatan sama sekali ada usaha untuk nyampurin urusan orang laen.

chit chat is chit chat,
your business is your business,
and let my business just be my business,
don't even try to blend it!

0 tanggapan: