Rabu, Agustus 08, 2012

[VIDEO] Be Smart: Get Knowledge, Not Rubbish

Beberapa bulan lalu, ICTwatch sempet bikin lomba video dengan tema "Kebebasan Berekspresi". Hadiahnya lumayan juga, jalan-jalan ke kantor Google di Singapura untuk 2 orang. Awalnya semangat juga pengen ikutan, tapi ternyata susah nyari partner yang bisa diajak tuker ide untuk proses kreatif videonya.
Setelah deket-deket deadline, baru deh nemu ide yang lumayan out of the box. Dari awal, gue emang gak mau kalo video yang gue bikin pesan moralnya udah ketebak. Akhirnya dengan modal kamera saku digital pinjeman berikut tripodnya, gue mulai ambil gambar di rumah. Lumayan dapet setengah materi. Proses nyari pemerannya gak ribet kok. Cast-nya ya gue sendiri (=P), meskipun yang keliatan cuma tangan. Modal lain cuma TV LCD, radio vintage, sama laptop berikut koneksi internetnya.
Selesai di situ, ternyata gue masih ngerasa gambarnya kurang. Mulai deh tuh males-malesan bikin ide. Akhirnya sekitar 18 jam sebelum deadline, dapet ide lagi di kantor. Sekarang modalnya cuma tempat sampah sama beberapa eksemplar koran. Sebenernya pengennya pake koran Tempo karena halaman mukanya biasanya gambarnya menarik dan isinya juga nyentil (urusan ada hubungan antara judul sama isi itu soal laen). Berhubung kantor cuma langganan koran Investor's Daily, ya sudah, seadanya saja.
Untuk lagu pengiring, gue make Si Hebat (/rif) karena ada keselarasan ide dengan materi yang gue ambil. Tadinya sih maunya pake lagu Pas Band, tapi takut dikira Pas Band oriented banget, gak jadi deh. Font yang dipake untuk caption sengaja nyari yang futuristik (poho euy nama font-nya, lagi gak di komputer yang dipake buat filmnya nih). Semenjak Helvetica terlalu sering muncul di 9gag, rasanya kok kayaknya gak kreatif amat kalo Helvetica lagi Helvetica lagi.

Dengan teknik ulead seadanya, akhirnya jadi juga video ini dengan durasi 2 menit 29 detik.  Berhubung untuk ikutan lomba ini harus mengatasnamakan komunitas Blogger, ya udah pake aja nama BogorWatch di mana gue emang terafiliasi. Terus menang gak? NGGAK! Abis itu video (lebih pantes disebut klip pendek sih daripada video) ini terlupakan begitu aja sama gue. Sampe akhirnya sekarang gue sadar kalo video ini ternyata belom pernah dipromosiin di mana-mana selaen di Youtube. Yah, kalau memang lagi ada waktu, kebetulan juga labih dilimpahkan koneksi internet lancar, bolehlah cek dulu videonya di bawah ini. =D


3 tanggapan:

rime mengatakan...

Di bookmark dulu kaka... lagi fakir bandwidth (lagi donlot pelem dan di Youtube nonton Masterchef *hahaha ga penting*).

Tapi emang lomba berkelompok itu susah-susah gampang, lebih cenderung ke susah (menurut saya). Mungkin karena saya ini makhluk individualis, gahahahah *ketawa setan.* Kayak yang lomba ON OFF itu, kan harus bertiga, akhirnya nyari orang cuma buat formalitas aja, terus dikasih tugas bikin video (asalnya videonya mau dibikin sendiri). Eh tapi videonya kacau balau ga sesuai konsep, zzzz T.T

Antara individualis atau susah nyari orang yang frekuensinya sama ini mah, heuheu...

*maap komennya ga nyambung, soalnya videonya belum ditonton sih*

Rae mengatakan...

ah, padahal videonya keren sekali ituuu =O

Rae mengatakan...

maksudnya video babakan siliwanginya yang keren. *suka loncat-loncat nih kalo nulis*