Sabtu, Agustus 11, 2012

[Site Review] carmall.com: Jangan Beli Mobil Baru Dalam Karung!


Walaupun pemerintah sudah menaikkan uang muka kredit mobil sampai minimal 30%, ternyata minat masyarakat untuk membeli mobil tetep tinggi lho. Kayaknya krisis eropa gak banyak pengaruhnya ya untuk Indonesia. =D

Kenapa Harus Mobil Baru?
Walaupun harganya lumayan kerasa beda, sebenarnya banyak keuntungan beli mobil baru dibandingin dengan mobil bekas. Keuntungan yang paling utama adalah jaminan bahwa kendaraan tersebut emang benar-benar masih bagus. Gak jarang orang yang membeli mobil bekas ketipu dengan penampilan luar. Body mulus, cat mengkilap, eh gak taunya pas dipake malah sering jajan ke bengkel.
Banyaknya pilihan merk dan jenis kendaraan roda empat menyisakan calon konsumen dalam kegamangan dan kebimbangan (Halah...). Jangan sampe kita beli kucing mobil dalam karung. Nah, masalah ini yang coba dicarikan solusinya oleh carmall.com, sebuah cara cari mobil baru praktis.
Bisa aja sih kita mondar-mandir keluar masuk dealer untuk ngebanding-bandingin mobil yang ada. Tapi cara ini jelas gak efektif. Selain makan waktu yang gak sedikit, di tiap dealer pasti para sales gak bakal ngelepas kita gitu aja untuk sekedar nanya-nanya. Pasti mereka bakal berusaha biar kita langsung bikin transaksi saat itu juga. Padahal untuk milih-milih mobil, harus mikir panjang dengan tenang, karena beli mobil adalah  investasi yang ngelibatin duit yang gak sedikit. Gimana bisa mikir tenang kalo dirong-rong sama sales-sales yang punya jurus bujukan maut?

Kalau mau beli ponsel, kan gak jarang kita sampai beli tabloid yang isinya katalog ponsel-ponsel yang ada lengkap berikut spesifikasi dan harga jualnya. Sebagai calon konsumen tentu kita ingin membanding-bandingkan ponsel-ponsel yang ada lebih dulu sebelum benar-benar membeli. Jangan sampai sudah beli mahal-mahal ternyata kebutuhan kita tidak bisa terpenuhi.

Nah carmall.com ini melakukan hal yang sama. Hanya bedanya, produk yang diinformasikan di situs ini adalah mobil. Kalau untuk ponsel yang harganya “cuma” jutaan saja kita bisa segitu selektif, apalagi kalau mau beli mobil. Harga mobil baru gak cuma puluhan, tapi ratusan juta, bahkan miliaran lho.
Tapi sebelumnya, perlu diingat, bahwa carmall.com bukanlah situs jual beli online. Situs ini hanyalah sistem informasi mengenai mobil baru. Untuk pembelian dan transaksi, calon pembeli tetap harus pergi ke dealer terdekat. Jadi jangan khawatir kalau harga yang dimuat di situs ini sudah di-mark up. Gak ada untungnya buat carmall.com sendiri. =D

Memilih Calon Mobil
Amat penting bagi calon pembeli untuk memiliki pengetahuan awal mengenai calon mobil yang akan dibeli agar bisa memutuskan dengan lebih tenang. Jangan sampai calon pembeli bingung memutuskan akan membeli mobil mana ketika sudah sampai di dealer mobil.
Sistem informasi yang baik selalu diawali dengan database yang kuat. Jadi, pertama kita lihat database situs ini dulu. Database merk mobil yang tersedia di carmall.com ini lengkap dan selalu up date. Mulai dari Audi sampai VW, semua ada. Ada lebih dari 30 merk mobil yang dipajang di situs ini. Pilah-pilih juga bisa didasarkan pada jenis mobil, misal: mobil sedan, hatchback, SUV, MPV, bahkan mobil sport juga ada. Buat kamu yang sensitif sama harga, tenang aja. Situs ini juga nyediaan kategori-kategori mobil berdasarkan range harga. Cakep banget kan! :-D

Sekarang gimana kalau mau nyari mobil dengan mengkombinasikan kategori-kategori yang ada? Kalem, search engine internal situs ini bisa kok memfilter berdasarkan kebutuhan kita yang bener-bener spesifik. Tinggal masukin Merek mobil yang dicari, range harga sesuai budget yang kita punya, dan tipe kendaraan yang kita inginkan.

Kalau sudah punya calon-calon jagoan, kita juga bisa ngebandingin antar mobil yang mau kita beli dengan fitur komparasi. Gak Cuma 2-3 mobil, tapi kita bisa bandingin sampai 8 mobil sekaligus! Dengan fitur ini, kita jadi mudah ngebanding-bandingin antar jenis mobil baik dalam satu merk atau beda merk. Informasi yang dibandingin mencakup distributor, dealer-dealer yang ada, harga, spesifikasi, sampai fitur-fitur yang tersedia di mobil tersebut.

Salah satu keunggulan dari informasi harga yang ada di situs ini adalah bukan hanya harga jual sekarang yang dicantumkan, tapi juga harga beberapa waktu sebelumnya, harga tertinggi, dan juga harga terendah yang pernah dicapai mobil tersebut dalam enam bulan terakhir. Jadi kita bisa tau apakah membeli mobil tersebut adalah sebuah investasi yang baik atau tidak.
Kalau pilihan sudah mantep, kita tinggal melangkahkan kaki ke dealer terdekat. Dealernya di mana? Oh tenang aja, carmall.com juga punya kok database dealer-dealer mobil di berbagai kota di Indonesia.

Fitur-Fitur Andalan
Fitur lain yang cukup menarik di situs ini adalah Simulasi Kredit. Dengan fungsi kalkulator ini, kita cukup memasukkan jenis mobil yang hendak kita beli, kemudian masukkan berapa persen yang akan kita kredit (inget, maksimal yang bisa dikredit sekarang 70%, karena uang muka minimal sekarang 30%) lalu tinggal tekan tombol “Hitung”. Kita juga bisa mensimulasikan berapa persentase bunga kredit dan berapa tahun kita akan mengangsur kredit. Dengan cepat, kita bisa mengetahui berapa uang muka yang harus dibayar dan berapa cicilan per bulan, serta total biaya yang harus dikeluarkan.

Selain fitur-fitur yang sangat membantu tadi, situs ini juga dilengkapi dengan promo-promo mobil baru yang sedang berlangsung, artikel-artikel otomotif, dan lokasi-lokasi dealer mobil, bengkel, serta pom bensin. Kurang lengkap apalagi coba? >,<
Yah, walaupun awalnya agak pusing juga sama user interface yang kelewat rame (saking lengkapnya informasi), tapi akhirnya bisa juga kok terbiasa. Yang pasti situs ini amat berguna untuk kamu yang sedang mencari mobil baru. Keunggulan yang utama tentu saja adalah database yang lengkap serta fitur-fitur pendukung andalannya seperti komparasi mobil dan simulasi kredit. Carmall.com bener-bener nyediain informasi yang dibutuhkan para pemburu mobil baru.

4 tanggapan:

risa mengatakan...

tulisan ini bukan untuk kasta saya. yang ditampar cewek nah (ha ha ha) itu untuk kasta saya

rae arani mengatakan...

buset, abis menjelajah blog ini ya? itu tulisan jaman jahiliyah dulu. gaya bahasanya emang lumayan drastis nih.

Lay Cao Lay mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Lay Cao Lay mengatakan...

MobilWOW satu-satunya tempat jual beli mobil jadi mudah dan cepat