Jumat, Mei 09, 2008

TOLAK BANTUAN LANGSUNG TUNAI!!!

ya ya ya... gue ngedukung pemerintah untuk naekin harga bengsin ma solar. tapi yang nyebelin itu program alih subsidinya yang berupa bagi-bagi duit seratus ribu ke orang-orang miskin.

program ini jelas-jelas udah pernah dijalanin sebelumnya dan gue rasa nggak tepat sasaran. ibaratnya, ini bukan obat yang bisa nyembuhin orang miskin dari kemiskinan. cuma sekedar perpanjangan nafas buatan buat orang yang nyaris-nyaris sakaratul maut. orang-orang yang dapet program ini gue rasa sama sekali gak dapet kesejahteraan.

lebih dari itu, kategori orang yang miskin dan tidak miskin atau orang yang berhak dan tidak berhak amat mudah dibiaskan. program seperti ini sangat rawan terhadap penyelewengan, dan penyelewengan itu terbukti telah terjadi sebelumnya.

konflik horisontal juga menjadi ancaman yang masuk akal untuk terjadi. berdasarkan pengalaman, terbukti bahwa ada orang-orang yang berhak mendapatkan bantuan langsung tunai tapi ternyata tidak bisa mendapatkannya. tentunya yang kayak begini bakalan jadi bibit-bibit kerusuhan.

dari pemantauan yang dilakukan oleh beberapa LSM, bantuan langsung tunai juga mendidik orang indonesia menjadi males. setelah mendapat bantuan uang, ada orang-orang yang males kerja sampe duit itu habis. baru setelah itu mereka kerja lagi demi nyambung denyut jantung.

entah kenapa, gue ngerasa beberapa kebijakan yang diambil pemerintah justru mendorong orang-orang menjadi konsumtif, bukannya produktif.

kalo harga beras mulai naek, pemerintah langsung kebakaran jenggot untuk operasi pasar, tapi pas harga gabah rendah, kayaknya pemerintah susah banget untuk naekin harga beli gabah. padahal dengan tingginya harga gabah, bakal ngebuat petani lebih termotivasi buat ningkatin produksinya. sedangkan harga beras yang rendah cuma buat dinikmatin sesaat. hanya memancing kita menjadi lebih konsumtif.

kenapa juga kompensasi kenaikan BBM disalurkan dalam bentuk dana tunai kepada orang miskin? bukannya dengan program-program yang membangun manusia-manusia miskin dan bersifat lebih sustain seperti pembukaan lapangan kerja. bukan sekedar untuk dihabiskan saat itu juga.

dorongan untuk menjadi konsumtif juga terlihat dari subsidi bahan bakar minyak. kenapa subsidi diberikan untuk bengsing premium dan solar? kalo dipikir-pikir, mendingan yang disubsidi itu adalah Industrial Diesel Oil ato solar yang biasa dipake buat industri. dengan subsidi kepada industri, maka gairah untuk berproduksi bakalan lebih ningkat, yang imbasnya jelas akan positif kepada perekonian negara. bengsin premium dan solar yang selama ini disubsidi sebenernya juga banyak dipake untuk kepentingan yang produktif kayak untuk angkot, tapi banyak juga yang dipake untuk kepentingan yang sifatnya pemborosan seperti jalan-jalan.

udah saatnya harga BBM di indonesia diserahkan kepada mekanisme pasar (dengan berbagai resikonya). dengan terbiasanya kita menggunakan BBM dengan harga internasional, maka ketahanan ekonomi kita akan lebih kuat. tingginya harga BBM di dalam negeri juga dapat mengurangi angka kendaraan pribadi yang semakin hari semakin tidak wajar. tentunya dengan tingginya harga BBM, orang akan semakin banyak yang lebih memilih menggunakan kendaraan umum. tentunya hal ini juga akan berakibat pada bergairahnya industri transportasi di indonesia.

5 tanggapan:

infogue mengatakan...

Artikel di Blog ini bagus dan berguna bagi para pembaca.Anda bisa lebih mempromosikan artikel anda di Infogue.com dan jadikan artikel anda topik yang terbaik bagi para pembaca di seluruh Indonesia.Telah tersedia plugin/widget.Kirim artikel dan vote yang terintegrasi dengan instalasi mudah dan singkat.Salam Blogger!!!

http://politik.infogue.com/
http://politik.infogue.com/tolak_bantuan_langsung_tunai_

Anonim mengatakan...

yupz aku setuju banget ma si masnya! pemberian BLT akan mengakibatkan masyarakat miskin tambah malez!

singkatnya, untuk membantu gakin (keluarga miskin) pemerintah jangan memberikan ikan, melainkan pancing.

Anonim mengatakan...

@seleksi foto ala frenster
hihi, silakan baca 'Langit' halaman 29 - 31,,
eh, belum terbit ya.. haha sabar-sabar..

@tolak bantuan langsung tunai
bensin mas, bukan bengsin..

btw,, tetep aja walau di serahin ke mekanisme pasar masarakat endonesa emang bakalan susah kalo sistem kapitalis masih dominan di sistem perekonomiannya. pernah tau ada rencana pertamina mau dibubarin trus yang namanya bbm jadi objek buat semua orang yang mampu nanemin investasinya.. kebayang ga kalo itu kejadian beneran? yg jelas masih banyak kok anggaran yang bisa dipangkas sebelum mengambil kebijakan yg katanya paling akhir, kayak anggaran kredit mobel dpr yang 40 jeti itu.. gilee..

Rae mengatakan...

wah, mubil apaan tuh 40 jeti? murah amir? sekarang DPR pake mubil seken ya? =P

yah... yang pasti sekarang ini, OPEC udah gagal menjalankan tugasnya sebagai kartel minyak dunia yang harusnya jaga harga pasar dunia.

Anonim mengatakan...

gini nih.. sbenernya pemerintah khususnya DKP yg gw tau.. sering banget ngasih program yg sifatnya bergulir.. jadi DKP tinggal mantau aliran dananya aja.. jd yg dikasih itu modal bukan bantuan langsung..

tapi skrg ga tau knpa Depkeu bikin kebijakan dana gak boleh bergulir.. harus kasih aja gitu.. nah lho.. bingung dah DKP.. makanya banyak mandek yeuh program..

kadang rakyat mikirnya DKP nahan uang.. padahal sistem pencairan keuangannya ntuh yg selalu berubah2dan rumit.. bukan krn gw di DKP.. tp ya emang bener..

terus pas ke papua.. ternyata mereka tuh pada pemales bgt.. krn uang bantuan banyak bgt dari mana2.. mule dalam negri ampe luar negri.. jd pada ga ada motivasi kerja.. cuma nunggu duit aja dah..

ya moga tuh org2 di depkeu bisa lbh pandai.. jgn org2 ekonomi aja lah di depkeu.. tp org lapang juga biar tau kondisi lapang..