Jumat, Mei 09, 2008

china: ancaman baru dunia?

pengantar
pas gue lagi di depan stand majalah di gramedia awal april kemaren, gue nyari majalah rolling stone indonesia yang emang biasa gue beli tiap bulan. tapi begitu gue liat covernya yang nampilin barack obama,gue malah jadi ilfil. ngapain gue dapetin berita politik amerika dari sebuah majalah musik? out of mind! akhirnya gue urungkan niat buat beli majalah itu, dan gue simpen duitnya. sampe akhir april kemaren gue ngeliat majalah National Geographic Indonesia edisi bulan mei yang ngebahas secara khusus negara china. dari enam tulisan utama, ada satu hal menarik yang bisa gue tarik benang merahnya sebagai berikut.

di era awal tahun 1990-an, mussolini pernah berkata bahwa china adalah raksasa yang sedang tidur. biarkan dia tidur, tidak perlu dibangunkan. agaknya mussolini melihat potensi china berikut masa kejayaan china pada dekade-dekade sebelumnya. dengan jumlah penduduk seperempat dari total populasi dunia tentunya china merupakan sebuah potensi yang dapat sangat mempengaruhi dunia.

saat ini, kekhawatiran mussolini agaknya mulai mengarah kepada kenyataan. china bergeliat, dan membuat progres yang sangat mencengangkan. sebuah revolusi pembangunan yang tidak pernah terjadi sebelumnya di belahan dunia manapun. selama ini juga digadang-gadangkan bahwa china hanya tinggal selangkah lagi untuk menyamai amerika serikat sebagai raksasa dunia. dan dengan melihat perlambatan pembangunan yang terjadi di amerika serikat, ini berarti, china hanya perlu dua langkah lagi untuk menjadi negara yang paling berpengaruh di dunia, menggeser amerika serikat.

patahnya hegemoni amerika serikat disambut baik oleh mereka yang selama ini telah sakit hati dan keseleo perasaan atas kedigdayaan amerika serikat. akan tetapi ada ancaman, bahwa china juga akan menjadi the next pain in the ass bagi masyarakat dunia.

mengutip ucapan peter heissler pada salah satu artikel yang ada di National Geographic Indonesia (ed. mei) ada 1,3 miliar mimpi pribadi yang memiliki sejumlah resiko terhadap masa depan china maupun dunia. 1,3 miliar mimpi dari 1,3 miliar penduduk china yang kebanyakan hanya memikirkan bagaimana memperkaya diri sendiri. hal ini dapat dilihat dari mimpi yang ditanamkan orang tua kepada setiap anaknya untuk dapat memiliki pendidikan yang terbaik dan kompetensi tambahan yang mendukung untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik di masa depan. sayangnya, kebanyakan dari mereka hanya memikirkan masa depan yang lebih baik untuknya secara pribadi, bukannya lebih baik bagi china apalagi dunia. semangat pembangunan china saat ini agaknya tidak terintegrasi dalam sebuah semangat kebersamaan sebagai satu bangsa maupun sebagai masyarakat dunia.

china haus akan pembangunan, sementara sumber daya alam mereka ternyata tidak dijaga dengan baik. seiring perkembangan pesat di kota-kota besar china, kerusakan besar juga terjadi dengan kecepatan yang sama dengan pembangunan yang terjadi. saat ini china adalah penghasil gas karbon terbesar di dunia, melampaui amerika serikat. kerusakan alam juga terjadi di sepanjang aliran sungai kuning dan daerah china bagian utara. china bagian utara menjadi begitu gersang dan sumber air menjadi amat langka.

kanker menjadi masalah yang amat serius. hal ini diakibatkan karena tercemarnya mata air-mata air yang ada oleh limbah buangan dari pabrik yang terus tumbuh. maka tidak aneh jika banyak penyakit-penyakit aneh datang dari china dan sekitarnya. tidak hanya kanker, penyakit-penyakit lain seperti SARS, flu burung, dan sekarang virus EV-71 juga mulai mengancam tidak hanya china, tapi dunia.

untungnya pemerintah china mulai sadar akan ancaman yang menghadang. yang pasti dibutuhkan upaya yang tegas dan cepat guna mencegah kerusakan yang lebih parah lagi.

0 tanggapan: