Senin, Mei 05, 2008

BACKPACKING ADALAH BERSENANG-SENANG! BUKAN MENYIKSA DIRI!

dua kalimat di atas adalah landasan utama buat lo yang mau backpacking! jangan nyiksa diri lo sendiri. backpacking adalah alternatif jalan-jalan yang ngirit. buat bisa backpacking lu harus punya strategi survival yang mumpuni sekaligus bisa tetep nikmatin perjalanan lu. nah.. berdasarkan beberapa pengalaman yang gue dapet dari berbagai pengalaman gue maupun orang laen, gue punya beberapa tips buat lu yang mau backpacking.

1. ajak temen

backpacking bakalan kerasa garing banget kalo lo jalan sendirian. kecuali lu emang punya tujuan tertentu untuk jadi solitaire backpacker. idealnya backpacking itu enaknya dalam bentuk koloni kecil antara dua sampe enam orang. dengan adanya beberapa orang, maka lo bisa berbagi tugas survival, sekaligus untuk memberikan rasa aman satu sama lain.

2. bawa barang yang lu perlu! bukan yang bisa lu bawa.

kalo lo penyakitan, bawa obat yang biasa lu pake. kalo lu punya asma, bawa inhaler lu, kalo lu biasa masuk angin, bawa tolak angin lu, kalo lu biasa radang tenggorokan, bawa f.g. troches lu...

selaen obat-obatan, ada baeknya juga lo bawa jaket, senter, korek gas, ma piso lipet. kadang-kadang alat ini bakal berguna banget.
selaen barang-barang yang harus dibawa tadi, ada juga barang-barang yang harus dibawa secukupnya aja kayak pakaian. bawa pakaian cadangan di ransel cukup satu atau dua stel aja. jangan banyak-banyak. repot bawanya.

barang laen yang suka bikin ribet sendiri adalah kamera. kalo bisa, dalam satu koloni cukup satu kamera. gak usah semua orang bawa kamera. cukup satu kamera, tapi kalo bisa bawa beberapa memory card. jadi bisa ambil gambar lumayan banyak.

3. duit bukan segalanya! tapi tanpa duit lu gak berdaya!

walopun lu lagi backpacking, tapi akan sangat bijak kalo lu juga nyiapin dana tak terduga di rekening lu. tentunya lu juga harus bawa kartu ATM lu ya...

kalo lu emang udah kepepet banget soal keuangan, lu harus kreatif untuk ngasilin duit. kalo lu bawa gitar, coba ngamen ke rumah-rumah. kalo gak bawa, coba lu kerjasama ma toko makanan buat ngider nawarin makanan dari toko itu.

penggunaan duit pun harus lu atur. beli cuma barang yang lu perlu. dan jangan beli yang mahal. pangkas pengeluaran yang bisa lu hilangin. contohnya aer minum. jangan pernah beli aer minum!! aer minum itu gratis!!! lu cukup bawa botol aer minum. tiap orang satu (idealnya minimal ukuran satu liter). kalo aer udah abis, lu minta aja ke rumah-rumah yang ada. ajak ngobrol orang yang ngasih minum ke lu. perhatiin karakter dia. kalo dia ramah, coba lu ceritain tentang perjalanan lu. dari mana mau ke mana. ada kejadian apa. kalo lu bisa dapetin simpati dia, bukan gak mungkin lu bisa dikasih makanan kecil, kan? lumayan... he he he...

selain itu, kalo di satu kota tertentu lu punya sodara, maen aja ke rumah dia. sekedar numpang makan ato kalo perlu nginep semalem. jangan malu jangan sungkan. sebisa mungkin ngirit..

4. break the distance

jangan pernah dalam keadaan tidak bisa menghubungi atau tidak bisa dihubungi oleh orang laen. untuk itu.. pastikan lu nyatet nomer-nomer telepon penting (papah, mamah, pacar) di kertas yang lu simpen di tempat yang lu anggep aman macem dompet ato di tas. selalu usahakan pulsa ponsel lu selalu terisi, sukur-sukur kalo lo make pasca bayar. jangan lupa juga untuk bawa charger. selalu charge ponsel lu setiap ada kesempatan.

5. nikmatin perjalanan lu!

untuk seorang backpacker, tujuan itu hanya salah satu tempat. tapi sejatinya, kenikmatan udah dimulai dari langkah pertama lu keluar rumah. nikmatin jalan yang lu lewatin. liat pemandangan, poto-poto. ngobrol dengan orang laen di perjalanan. semua itu kenikmatan yang dicari seorang backpacker...

1 tanggapan:

Anonim mengatakan...

"1. ajak temen"
biar ga kaya lagu ebiet 'perjalanan ini terasa...........sayang engkau tak ada di sampingku kawan'