Jumat, Agustus 03, 2007

rock n' roll!!!

musik rock gak pernah mati. rock selalu berevolusi dari waktu ke waktu. kalo mbah-mbah ngomong rock, maka rock yang dimaksud bakalan beda dengan apa yang terbayang oleh angkatan bapak-ibu kita. penafsiran rock dari kedua zaman itu pun bakalan beda dengan apa yang dimaksud dengan rock jaman kita-kita. dedengkot rock emang beatles, tapi sebenernya gue lebih sepakat kalo led zeppelin-lah yang meletakkan dasar-dasar rock n' roll secara kuat.

musik rock adalah musik pemberontakan dan poros utama dari perkembangan aliran musik mainstream saat ini. dari rock kemudian lahir punk dengan dedengkot mereka si sex pistol jahanam itu. dari punk kemudian bergeser lagi jadi grunge yang diaku-akuin asalnya dari seattle. aliran musik yang make embel-embel rock juga gak sedikit, progresif rock yang dimotorin the who sama genesis sempet jadi pedoman musik "pintar" dunia di era 70 sampe 80-an. glam rock juga salah satu cabang rock, walo menurut gue glam rock lebih ke arah attitude si artis ketimbang roh dari musik yang mereka bawain. garage rock yang akhir-akhir ini naek daon lagi menurut gue adalah jenis rock yang paling sederhana sekaligus paling nendang. gue rasa dari jenis inilah rock kemudian bergeser jadi punk. kalo lo liat acara grammy jaman sekarang, nggak jarang pemenang untuk kategori best rock performance ato best rock album justru jatoh ke musisi metal. ini juga nunjukin kalo (r)evolusi rock bener-bener dahsyat. maka dari itu, rock lebih daripada sekedar aliran musik. ngomong-ngomong soal rock n' roll, gak banyak orang yang tau kalo sebenernya jargon rock n' roll ini sebenernya adalah sebuah filosofi hidup. penafsirannya kira-kira begini, hidup itu keras, sekeras batu karang (ROCK), namun demikian, sekeras apapun hidup, hidup tetep harus bergulir (ROLL). [maksa lu!] bodo amat!

sayangnya kayaknya falsafah ini gak dianut oleh banyak rocker. sayang banget kurt cobain harus mati bunuh diri. jim morrisonnya the doors juga sama ajah. sayang juga banyak rocker yang lari ke narkotika. hidup emang keras, tapi hidup harus tetep bergulir.

0 tanggapan: