Senin, Mei 07, 2007

ready, get set, UP UP AWAY!!! (research status: in progress)

sebelum mulai, gue mau nanya dong, berhubung bahasa inggris gue nggak lebih bagus dari mr. blair, sebenernya yang bener itu,"maybe yes, maybe no," ato,"maybe yes, maybe not," ato,"maybe, maybe not?"

gak penting!!!
tapi yang pasti penelitian gue emang dimulai di mei yang sangat awal. satu mei! coba lo bayangin! satu mei gitu, lho!!! (emang kenapa gitu dengan satu mei?) satu mei itu hari buruh sedunia. (tetep gak ada relevansinya, bengak!)

(sekali lagi) gak penting!!!
setelah beberapa bulan terkatung-katung dalam bahtera kebimbangan, akhirnya dilakukan gerakan satu mei. didalangi oleh gue dan dibantu dua temen gue endah dan endang, gue bergerilya keliling bogor demi nyari taneman aer yang bakal gue jadiin penelitian gue. tempat pertama yang gue kunjungin adalah tukang bunga di bilangan pajajaran. dari segambreng-gambreng pedagang bunga di situ, cuma ada satu pedagang yang jual. itupun cuma empat biji. pas gue tanya,"mbak, bisa mesen lagi gak? saya butuh empat biji lagi niiih." si mbaknya balik nanya,"emang butuhnya kapan? paling baru ada sebulan lagi. di tempat ngambilnya juga kemaren masih bibitan semua."

spesies tanaman yang gue maksud ini emang agak susah nyarinya. bukan karena langka, tapi karena orang-orang agak males makenya. lha wong cuman gulma... tapi gulma koq dihargain di atas 15.000 per embernya, yak?

gue udah agak lemes dengernya. rasanya pengen langsung ke kampus aja dengan cuma bermodal lima taneman, padahal gue butuh sembilan. tapi tiba-tiba tercetus ide untuk ke tempat laen. sekitar 500 meter dari plaza jambu dua akhirnya keempat biji taneman yang hilang itu ditemukan. walopun harus ditebus dengan harga yang (JAUUUUUH) lebih mahal, tapi demi keberlangsungan penelitian, stabilitas ekonomi makro dalam negeri, dan untuk menggerakkan sektor riil yang saat ini dinilai jalan di tempat (apaan sih?) akhirnya keempat taneman yang hilang itu dibeli juga.

12 bak cuci baju, sembilan taneman, 3 suntikan tanpa jarum, dua pipet plastik, satu serbet, satu gayung ukur, satu gulung tissue, satu bundel kertas label, puluhan tabung reaksi, dan satu boneka beruang teddy gue boyong ke fateta. alat2 gue set di belakang TK (bukan taman kanak-kanak, tapi lab Teknik Kimia). selesenya gue jadi gempor gara-gara gotong2 barang, udah gitu ngisi tiap bak dengan 20 liter aer. (20 liter aer kurang lebih setara dengan 20 kg aer).

dengan bekal proposal yang masih carut marut, penelitian gue jalanin duluan. yang laen statusnya masih in progress. mengutip perkataan neil armstrong yang disesuaikan dengan kondisi gue,"mungkin ini adalah langkah kecil bagi seseorang, tapi ini adalah langkah besar bagi seekor siput."
YA IYA LAAAAH!!!!

yang penting sekarang gue udah bisa meninggalkan anekdot (yang udah mulai gak lucu) pra-penelitian.
temen: gimana,re penelitian lo?
rae: alhamdulillah, lagi ngedraft...(dengan wajah tirus...dan ekspresi kosong)
temen:(biasanya langsung antusias) wuiiiiih.... wisuda juli bisa lah ya!!! (sembari memberi semangat)
rae: JULI APAAN!!!! LHA WONG SEKARANG INI NGEDRAFT PROPOSAL!!!!

ps: minta doanya yak!!! seminar? insyaAllah juli.

0 tanggapan: