Senin, Mei 07, 2007

CSR

dua taon yang lalu. booming banget acara reality show. salah satu genre reality show yang sukses di indonesia adalah yang nolong-nolongin orang miskin kayak uang kaget, tolong, dan bedah rumah. temen kuliah gue yang baru aja sidang skripsi (ME? soon... very sooon), si vivi, pernah bilang kalo dia selalu nangis pas lagi nonton bedah rumah. ih, sentimentil banget sih, pikir gue. tapi karena gue nggak mau dicap orang yang nggak punya perasaan, gue juga mengutarakan pendapat gue (yang rupanya agak kurang cerdas). gue bilang, gue juga punya acara reality show yang bisa bikin gue nangis............. "pimp my ride". siapa yang nggak nangis coba... sementara jutaan orang di afrika berjuang buat hidup, di tempat laen orang ngabisin belasan ribu dollar amerika cuma buat ngedandanin satu mobil. anggep biaya nge-pimp satu mubil tu USD 15.000 (standard renovasi mobil di "trick it out"). dengan duit segitu kita bisa beliin 1.500 kelambu yang bener-bener diperluin buat nyegah penyakit malaria di afrika (kayaknya gue keprovokasi american idol gives back edisi kemaren deeh). rata-rata keluarga di negara-negara miskin afrika kayak malawi, dalam satu rumah biasanya dihuni lebih dari 5 orang. kalo ada 1.500 kelambu buat 1.500 keluarga, artinya bakalan ada 7.500 orang lebih yang bisa dicegah ketularan malaria. kalo dalam satu musim pimp my ride ada 10 episode, artinya orang yang bisa diselametin ada 75.000 orang lebih. ini sih bisa buat nyelametin satu kota kecil!

nah... ngomong-ngomong soal aksi peduli sosial seperti yang dimotorin sama bono vox, angelina jolie, dan dorce gamalama (maafkan saya atas penyetaraan yang sama sekali nggak imbang antara rocker kelas wahid dan aktris super seksi dengan seorang banci panggung), muncul satu pertanyaan ala wartawan gosip: ikhlas gak sih? ato cuma buat nyari popularitas?

sekarang marak banget CSR di indonesia. yaelaaah.... kemaren-kemaren ke mana aja sih? sekarang bikin acara apa aja disebutnya CSR. CSR harusnya dibuat untuk ngebantu orang-orang kere ato yang kesusahan. soal citra perusahaan jad naik, itu cuma akibat, bukan jadi tujuan.

kalo udah ngomong soal korporasi (apalagi kalo yang gede-gede) jangen ngarep ada yang namanya ikhlas deeh. naif banget kalo berfikir kayak gitu. terserah kalo ada yang nganggep gue terlalu skeptis. perusahaan yang paling getol bikin CSR di indonesia kebanyakan dari perusahaan tambang. mereka "ngebina" masyarakat sekitarnya supaya kehidupannya "lebih baek". sebenernya mereka cuma mau bilang "SYM!UTM": shut your mouth! use this money. mana ada perusahaan tambang yang nggak ngerusak lingkungan. liat aja proper tambang-tambang minyak yang ada. semuanya merah! kasus newmont di buyat, mogok kerja pekerja freeport di timika, just list it!

CSR juga dipake buat promosi. bukannya "berkorban" untuk masyarakat, malah ada perusahaan yang manfaatin "program CSR" mereka untuk narik keuntungan dari masyarakat. gue pernah liat company profile salah satu produk elektronik dengan inisial P. mereka bikin acara yang namanya Panasonic Award dan mereka nge-klaim kalo acara itu adalah bentuk tanggung jawab sosial mereka terhadap insan kebudayaan nasional! (gue nggak nyebut nama perusahaannya lho... tapi dari nama acaranya lo pasti udah tau perusahaan apa yang gue maksud =P). CSR kan untuk sebuah society, dan perusahaan P ini memilih society yang berkecimpung di bidang kebudayaan. tapi kenapa yang dapet penghargaan justru mereka yang memang sudah wealthy enough? alih-alih laiknya lintah, mereka nyedot duit rakyat dengan membuka line sms untuk milih idola dengan tarif premium 2000 perak.

mengutip outro lagu "deskripsi" dari pas band yang juga gue pake buat ringtone SMS gue:
APAKAH INI YANG KALIAN INGINKAN?
APAKAH INI YANG KALIAN INGINKAN?
APAKAH INI YANG KALIAN INGINKAN?
ATAU MUNGKIN INI YANG KALIAN INGINKAN?
MUNGKIN?

kita telah menjadi keledai-keledai bodoh yang berbaris rapi menuju rumah potong hewan.

0 tanggapan: