Jumat, April 27, 2007

QED

sekali ini gue pengen ngereview komik. judulnya Quod Erat Demonstrandum (QED) diambil dari istilah matematika yang sering ditulis ketika suatu pembuktian selesai dikerjakan.

contoh:

3 (2m + 6n) = 6 (m + 3n)

pembuktian untuk sisi kanan

3 (2m + 6n)
6m + 18 n
6 (m + 3n) = 6 (m + 3n)
qed

nah... komik ini ceritanya tentang anak jepang umur enem belas yang udah lulus sarjana dari jurusan matematika di Massachusets Institute of Technology (MIT). MIT itu salah satu institut teknologi yang oke punya di amerika sono selaen California Institute of Technology. anak jenius ini ceritanya pulang ke jepang untuk belajar bersosialisasi karena dia agak kuper. maklumlah orang cerdas biasanya agak geek. liat aja rae (cerdas banget tapi kelakuannya kadang-kadang di luar akal sehat) liat juga stephen hawkings, jenius tapi body languange-nya aneh (ITU SIH KARENA DIA SAKIT SYARAF!!!!).

nah di jepang dia temenan sama kana mizuhara. anak cewek yang sporty tapi agak oon (orang cerdas emang pantes bersanding dengan orang oon. >>> mas rae mau bersanding sama orang oon yang mana nih, mas?). kana ini anak inspektur pulisi di kota tersebut. oh iya, gue lupa ngenalin tokoh utamanya. nama dia so toma. karena akrab dengan kana, toma ini sering ikut ngebantuin kasus2 yang lagi ditanganin sama polisi. dengan kemampuan berfikir yang runut dan karena dia cerdas, kasus2 yang tricky bisa diselesain.

yup... genre komik ini sebenernya adalah detektip2an. satu model dengan kindaichi, conan, atopun master keaton. tapi yang ngebedain dengan conan ato kindaichi... kasus2 yang ada di qed gak maksa. kalo di conan kan sering banget conan tau2 ada di tempat kejadian perkara yang brutal. coincidence?

kalo di qed, kasus-kasusnya lebih sering sederhana-sederhana aja. contoh: nyari uang yang keselip, misteri hantu di sekulah, dan segala sesuatu yang lebih lazim berhubungan dengan anak SMA, alih-alih pembunuhan mutilasi seperti yang sering ada di serial kindaichi.

walopun kasusnya sederhana, tapi gak ngebuat ceritanya kehilangan makna. (kalimat barusan ada rimanya lho... kayaknya bagus kalo dijadiin pantun>>> gak penting...) penyampaian ceritanya gak linear, dan bungkus kasus-kasus yang ada sangat menawan. ada beberapa yang sangat romantis. coba aja baca seri ke sembilan yang memuat cerita "rule of game" sama "freezed iron hammer". kalo orang sentimentil yang baca, gue rasa bakalan nangis bacanya.

bukan cuma cerita lucu dan romantis serta kasus-kasus tricky yang nggak ngada-ngada, tapi komik ini juga memberikan added value. apakah added valuenya itu? yaitu penjelasan teorema-teorema matematika populer yang ada. emang penjelasannya nggak terlalu jelas... secara ini komik gitu loooh... bukan buku kalkulus karangan salas. tapi beberapa cukup asyik untuk diterima kayak tentang dedekind's cut, jembatan koenigsberg dan pembuktian heuler-nya, deret riemann, dll.

walopun gue cukup mendewakan komik ini (komik laen yang gue suka itu: planetes, master keaton, sama kimun kamui)... komik ini teutep ada kelemahannya. kelemahannya... komik ini terbitnya lama bangeet.... bisa setengah taon sekali... dugaan gue sih... si motohiro katou (pengarang komik ini) mesti belajar teori2 matematika baru dulu biar ada bahan buat diomongin. hi3x....

TAMBAHAN:

review komik laen

kimun kamui:
ada empat seri bersambung. ceritanya tentang sekelompok anak-anak yang kemping di gunung, terus nyasar. ketemu beruang ganas. sederhana sih... tapi justru itu kekuatannya... ceritanya tetep menarik tanpa perlu make aksesoris aneh-aneh.

master keaton:
gue rasa ini komik detektif pertama yang masuk indonesia. gak terlalu sukses di indonesia. mungkin karena terlalu "drama". tapi gue suka gaya komik ini yang gak main-stream.

planetes:
science fiction. tentang kehidupan astronot2 di masa yang akan datang. walopun science fiction, tapi gak maksa. gak ada warp zone, gak ada "alien invation", yang ada cuma pro kontra manusia itu sendiri tentang keberadaan manusia di luar angkasa. banyak hal-hal sosial yang dibungkus kapsul-kapsul luar angkasa. sayang komik ini di indonesia kayaknya keputus. gue cuma baca 3 seri. koq gak diterbitin lagih ya?

agen polisi 212 dan komik eropa lainnya:
yang ini bukan komik jepang kayak yang gue bahas sebelum2nya. ini komik belgia yang sangat khas gaya eropanya. cerita pendek, dengan humor cerdas, gambar tegas dan nggak kaku. cerita2nya kocak banget. gue emang suka banget sama komik2 eropa, kayak bob si napi badung, lucky luke, johan and pirlout, dan smurf (ada smurf yang telah mensmurfkan smurf dalam bentuk yang lebih smurf dibandingkan smurf...>>> smurf makhluk imut yang punya bahasa aneh).

5 tanggapan:

YuZ mengatakan...

he,..he,..iseng2 buka artikel komiknya,..
eh,..ada juga yg suka ama Q.E.D,..
gw juga suka ama nih komik,..komik detektif yg 'unik' menurut gw,...
ga mengada-ada,..
terakhir gw baca sih sampe no.28,...habis itu seperti ga beredar lagi,..sayang bgt,..entah dari Jepangnya atau Indonesianya yg berhenti nerbitin,..atau emg si Motohiro udah mampet idenya,..wkwkwkwk,..

tapi tahu ga?? Q.E.D dibikin versi doramanya di Jepang lho,..tapi gw lom nonton,..jadi penasaran juga,..

Beranda Buku mengatakan...

Wah penggemar QED juga. saya termasuk penggemar komik2 Motohiro Katou, selain QED ada jug CMB dan Rocketman. Full collection. Oia sy juga penggemar komik eropa yg agen polisi 212, lucu abiss. dorama QED ada, udah nonton tpi mngecewakan, membosankan, menidng baca komiknya deh.
Yukni
http://berandabuku.blogspot.com

raeArani mengatakan...

@yuz
masih ada koq. terakhir itu nomer 31.

@beranda buku
rocketman udah tamat di nomer 10. rocketman awal ceritanya agak-agak aneh, tapi lama-lama makin asik. apalagi di nomer 8-9. CMB baru nyampe nomer 10 yah.. gak tau bakal sampe nomer berapa.

waktu itu sempet mau beli DVD-nya QED, tapi gak jadi. walopun (katanya) mengecewakan, tapi tetep penasaran nih kalo belum nonton. penjem DVD-nya dong..
=P

Anonim mengatakan...

kya.. selain C.M.B yang masih sepupunya. Q juga suka ska bgt komik nie. . .
c.M.B q bru no 11^^

sekarang udah vol brp??

Anonim mengatakan...

kok ngga ngebahas Miiko?