Jumat, April 27, 2007

pergeseran nilai

baru sore tadi gue buka blog temon ( temonsblog.blogspot.com ), postingan terakhir dia ngereview film nagabonar jadi dua. gue juga udah nonton film itu sih. tapi kali ini gue nggak mau ngereview film. hal terpenting yang disampein film nagabonar jadi dua adalah gimana cepatnya perubahan nilai-nilai yang ada di masyarakat kita.

tema ini juga diangkat sama pertamina yang sekarang punya iklan baru. tau nggak iklannya? yang ada bapak sama anak jalan-jalan naek mobil. si anak yang nyetir, tapi si bapak rewel banget dengan nilai2 lama yang dia yakinin.[koq jadi ngebahas iklan pertamina?]

nah seberapa besar sih pergeseran nilai yang ada? gue dibesarin di keluarga yang menurut gue konservatif. katakanlah angkatan ibu gue itu angkatan 80-an awal, dan gue angkatan pertengahan 2000an. ada banyak banget friksi yang terjadi antara yang dipengenin ibu gue dengan apa yang dipengenin gue. terus, kalo gue berkaca ke beberapa temen gue yang keluarganya lebih cepat lagi be-revolusi, gue sangat kaget nerima pergeseran nilai yang udah mereka lakuin.

pergeseran nilai itu wajar aja. hari ini kita berkoar-koar sepanjang hari nuntut perubahan. terus begitu sampai tanpa kita sadarin tau-tau ada segerombolan anak muda yang berkoar-koar juga nuntut kita merubah tatanan yang ada. di saat kita udah nyaman dengan keadaan yang ada, di saat itu pula ada orang lain yang menuntut lebih lagi.

sekali lagi... pergeseran nilai itu wajar aja. seperti judul blog gue ini: menafikan tradisi, mencari esensi. tradisi adalah tradisi yang tidak tabu untuk diperdebatkan, untuk dirubah, atau bahkan untuk dihapus. tapi nggak serta merta semua tradisi bisa dibongkar pasang. setiap tradisi muncul karena suatu kepentingan. di sanalah esensi yang hakiki.

terkadang sulit sekali mencari esensi yang termaktub dalam sebuah tradisi. bias-bias pemaknaan, paralaks pemahaman selalu menyertai pencarian makna yang sesungguhnya. contohnya banyak sekali aturan-aturan jawa yang memiliki makna yang bagus, tapi pengemasannya konyol. contoh: jangan duduk di depan pintu, nanti berat jodoh. jangan gunting kuku malem-malem, nanti begini... begini... begini..., jangan make baju kebalik, nanti mbokmu mati lho...

ketika seorang bujang urban (tidak merujuk pada temon) dibenturkan pada aturan-aturan seperti ini, pasti dia bakal menolak. gak masuk akal!!!

tapi sebenernya ada penjelasan mengapa aturan2 itu dibuat. dan untuk bisa memahaminya, kita nggak bisa make mind-set yang kita punya sekarang. kita harus berfikir seperti orang jaman dulu berfikir. aturan2 jawa yang nggak masuk akal biasanya disertai anceman yang sifatnya mistik. hal ini disebabkan orang jawa jaman dulu emang percaya banget dengan segala sesuatu yang berbau mistik. jadi anceman ini dirasa sebagai cara yang ampuh. anceman lebih dipilih daripada penjelasan logis, karena orang jawa jaman dulu emang susah diajak ngomong dengan logika. coba aja lo ngobrol sama mbah-mbah jawa yang kolot. amit-amit deeeh, mahamin cara berfikirnya. tapi gue rasa udah banyak orang jawa yang berevolusi sekarang. apalagi yang sudah berbaur dengan masyarakat non-jawa. (hm.... sangat merujuk pada seseorang nih ya, rae?)

yup, aturan-aturan itu emang punya maksud sendiri yang mungkin kalo diterapin sekarang udah gak relevan lagih.
jangan gunting kuku malem-malem: kalo malem kan gelap, jadi malah membahayakan diri sendiri.
jangan duduk di depan pintu: ngalangin orang yang mau lewat. orang bisa jadi risih ato sungkan untuk lewat.

beberapa hal seperti itu emang udah gak relevan digunain di jaman sekarang, beberapa yang laen mungkin butuh cara penyampaian yang lebih masuk akal.

lalu kembali ke pergeseran nilai...
setiap perubahan nilai harus didasarkan atas akal sehat dan berprinsip pada asas manfaat. di jepang, anak-anak sma marak make rok mini (kalo yang cowoknya nggak ikut2an sih) termasuk di bulan desember dan januari yang dingin. alesan mereka: demi ngikutin mode. pergeseran nilai seperti ini yang nggak diharepin. jangan sampe kita jadi bangsa yang cuma bisa ikut-ikutan tanpa ngitung cost benefit ratio terlebih dahulu.

0 tanggapan: