Selasa, April 03, 2007

jurnal terbuka, saturday, march 3, 2007

seperti biasa bangun pagi ketika udah nggak pagi lagi. akhirnya dengan langkah berat gue pergi juga ke kampus. nyampe kampus langsung nyerbu perpustakaan. lantai dua yang jadi tujuan gue. entah kenapa idung gue meler mulu dan rasanya mata gue berat banget, padahal beberapa hari ini tidur gue banyak banget.

setelah nunggu beberapa saat untuk menguasai komputer untuk melihat direktori-direktori karya tulis yang ada di perpustakaan, akhirnya kesempatan itu dateng juga. kata kunci pertama dimasukin: cabomba. nggak ada data yang ditemuin. ganti pangkalan data dari skripsi, ke tesis, abis itu ke disertasi. tetep aja nggak ada. uedan tenan. kok susah banget nyarinya yak! ganti lagi kata kunci jadi salvinia molesta. tetep aja susah nemuin yang sesuai. tumbuhan ini lebih banyak dipake jadi pakan ternak ketimbang buat ngolah limbah. setelah beberapa kali ngakalin kata kunci, akhirnya gue dapet beberapa disertasi yang gue rasa lumayan sesuai dengan kebutuhan gue. beberapa menit kemudian gue selesai ngacak-ngacak rak buku. dengan berbekal satu log-book yang baru dibeli di bara dan lima jilid disertasi yang tebelnya nyampe dua puluh sentimeter, gue mulai kebingungan nyari tempat duduk.

gue baru sadar... rupanya hari sabtu di perpustakaan itu bener-bener rame. nggak ada lagi meja yang kesisa. beberapa orang malah udah mulai duduk di atas karpet. ck... ck... ck... akhirnya gue minta seorang bapak yang lagi sibuk dengan laptopnya untuk berbagi meja dengan gue.

karena kondisi fisik gue yang siang itu emang lagi nggak begitu bagus, akhirnya gue cuma bertahan satu setengah jam aja di meja itu. sisa bahan yang belum sempet gue salin ke log book gue putusin untuk digandain aja dengan mesin fotokopi. ee... yang ngantri taunya rame juga. gue nunggu dengan mata terpejam membayangkan yang "endah-endah". akhirnya tiba juga giliran gue setelah sekitar lima belas menit disetrap di depan mesin fotokopi. 22 lembar dibandrol harga 2.500 rupiah. you do the math! gue nggak peduli deeh... yang penting buruan pulang sebelum kepala gue ngebentur aspal, ubin, semen ataupun tanah.

jalan biasa gue lewatin. nyebrang jalan, masuk ke wilayah fateta. ngelewatin lapangan voli yang bersejarah, masuk ke kantin sapta. berhenti dulu... ngerasa nggak kuat untuk jalan lebih lanjut.. gue beli minum dan makan dulu. kantin sapta bisa dibilang sepi kalo ukurannya jumlah orang yang ada di situ, tapi bisa juga dibilang rame kalo parameternya kebisingan. ada segerombol mahasiswa yang lagi ngobrol kenceng-kenceng banget. apalagi yang cewek pake rompi garis-garis warna-warni, rambut pendek dicat warna chestnut, pake kawat gigi. suaranya bikin sakit kepala, tapi mukanya meneduhkan jiwa. looh? sebuah paradoks dalam satu pribadi. akhirnya gue putusin untuk dengerin koleksi mp3 yang ada di ponsel gue sambil tetep ngeliatin muka cewek itu. mulut makan mie, beautiful one masuk ke kuping, wajah manis direkam pake mata.

setelah menunaikan pit-stop itu, perjalanan kembali dilanjutkan masuk ke daerah gudang buku, muter-muter rak komik. rupa-rupanya belum ada edisi QED yang baru. padahal udah hampir setengah tahun komik itu belum nongol-nongol. naik tangga masuk ke koridor FEMA. koridor yang punya julukan sebagai koridor bisnis, karena keseringan dipake buat bazaar dengan beragam tema, tapi selalu menampilkan muka-muka lama. payaah... anak-anak IPB emang dikit yang kreatif.

setelah melewati koridor bisnis FEMA dan Faperta, melewati plaza pinus, akhirnya nyebrang jalan ke tembok berlin. sebelum nyebrang sempat tercekat dulu. ada sebuah baliho besar. ada gambar beberapa cewek anak lawalata dengan carrier dan perlengkapan survival lainnya di baliho tersebut. rupanya anak-anak cewek lawalata mau naek ke rinjani. dan salah satu muka di baliho besar itu sangat gue kenal. itu kan si Mila temen satu jurusan gue. ck... ck... ck... bener-bener daah tuh bocah...

akhirnya gue ada di dalam kotak berwarna biru butut dengan empat roda menapak aspal yang siap mengantarkan gue menuju rumah. penumpang laen masuk satu per satu. terakhir ada cewek yang masuk. duduk di deket pintu, tepat di depan gue. sepanjang perjalanan ponsel dia selalu berada di dekat kuping dia. berbicara serius dengan seseorang di seberang sana. mukanya serius, dahinya kemudian berkerut. lalu suaranya bergetar. agaknya dia menahan tangis. ada sedikit iba yang muncul dalam diri gue.. yang entah kenapa iba itu justru membuat gue berpikir bahwa cewek ini manis juga... loooh? ada apa dengan gue hari ini? kenapa begitu banyak cewek yang gue vonis manis? man, you really need to lay down... siapa jahanam yang dengan beraninya membuat cewek semanis dia nangis. setelah beberapa belas menit, akhirnya gue nggak kuat ngeliatin dia terus. dada gue serasa sesak. aissss.... najis banget, re!!!! ruang pandang gue belokkan ke bingkai pintu angkot yang memutar pemandangan bergerak dari kanan ke kiri. tapi gambar yang diputar agak tersendat-sendat karena jalan raya darmaga sedang macet. tipikal jalanan kota bogor. satu waktu angkot gue berhenti tepat di depan sebuah bengkel. sebuah motor sedang diperbaiki. satu motor lainnya menunggu. seorang montir bekerja diperhatikan oleh seorang pria yang agaknya merupakan pemilik motor yang sedang dikulik. lalu di mana pemilik motor yang sedang menunggu? sesosok cewek sedang nongkrong menanti motornya diperiksa. loooh!!! itu kan si ivone, adek kelas gue. lengkap dengan jaket kebanggaan tin 41. tepat ketika gue ngeliat dia, dia juga ngeliat gue. dia senyum dan melambaikan tangannya. gue cuma mendelikkan mata. ciri khas gue yang ngebuat gue sering dicap sombong. eh, rae... rae... koq lo nggak komentar cewek yang satu ini manis juga seperti cewek-cewek laen hari ini?

you tell me, okay!

akhirnya gue nyampe juga di titik yang mengharuskan gue turun dari angkot. rupanya si cewek manis yang nyaris menangis itu juga turun. tapi agaknya arah kita berbeda... men sana incorpore sano, si cowo ke sana yang cewe sono...

okeh... sekian aja open diary-nya. sekedar senam jari karena udah lama nggak nulis dan ngetik pasca tragedi "rektorat_kebakaran_jenggot" beberapa minggu yang lalu.

1 tanggapan:

MaYaNG's mengatakan...

re..lagi ngoprek2 postingan lama lo, baca yang ini tiba2 gue kangen kampus tingkat 4 menuju 5. stressful yet fun and rewarding. huhuhu..hikz..hikz..