Jumat, Juni 08, 2007

dari domikado mikado eska eskado eskado bia bio crit... crit... sampe truth or dare!

banyak yang bilang kalo gue ngomong itu sering ketinggian. padahal sebenernya gak jarang omongan yang keluar dari mulut gue itu cuman meluncur begitu aja. begitu selesai ngomong, baru deh gue nyerna apa yang gue omongin barusan. ini beneran!!!

nah, cerita kemudian beralih ke meja kantin sapta tercinta yang kian hari kian kotor. di sebuah sore yang mendung, empat mahasiswa tingkat akhir kurang kerjaan sedang berleha-leha di salah satu bangku. amet, detri, inda, dan gue. dalam rileksasi otak yang amat santai itu, tiba-tiba amet ngajakin kita maen domikado. tau dong maenan domikado! domikado mikado eska eskado eskado bia bio crit... crit... kalo waktu kecil lo gak pernah maen maenan ini artinya lo bukan anak kecil yang funky! he...3x

di tengah permaenan bergabunglah widya yang hendak berleha-leha juga. akhirnya kita memaenkan permaenan ini berlima. di akhir permaenan kan ada orang yang kalah tuuh... nah, kita yang menang ngasih hukuman ke yang kalah. awalnya sih kita mau ngukum dengan nyuruh orang tersebut ngelakuin sesuatu, tapi karena kita semua lagi males gerak, akhirnya entah gimana yang kalah malah disuruh ngejawab satu pertanyaan dengan jujur.

pernah maen truth or dare? kalo di kampung gue dulu biasa disebut jurtang (it stands for "jujur ato tantangan"). kalo lo gak tau maenan domikado ato jurtang artinya kehidupan masa kecil lo patut dipertanyakan tuuuh... permaenan domikado pun berakhir. kita malah maen truth or dare. tapi karena semua pemaennya sepakat milih ngambil "truth"-nya aja, akhirnya kita malah maen truth doang tanpa dare. aturan permaenan pun berubah. setiap pemaen punya hak dan kewajiban yang sama. dalam satu putaran permaenan, tiap pemaen cuma ditanya satu kali. urutan siapa yang ditanya duluan ditentuin pake hompimpah alaium gambreng ato gak pake suit.

naah... di tengah permaenan inilah tiba-tiba mulut gue tiba-tiba nyerocos gak karuan. di permaenan kayak begini ada nilai-nilai yang bisa kita petik sebagai latihan bagi kita untuk percaya dan mempercayain orang. ada dua omongan yang merepresentasikan nilai dari permaenan ini.

1. di dalem permaenan ini, kita belajar untuk bisa percaya sama orang laen.
yup.. itulah yang gue omongin beberapa menit setelah permaenan ini dilaksanain. seperti biasa, dalem permaenan semacem ini, apapun yang ada di dalem permaenan, apapun yang diomongin di permaenan ini, cuma ada di forum ketika permaenan ini dilaksanain. gak boleh dibawa keluar. gak boleh diceritain ke orang laen. dengan begini, kita belajar untuk bisa percaya sama orang laen. kita berusaha menitipkan sebuah rahasia dari diri kita ke orang laen.

2. di dalem permaenan ini, kita belajar untuk bisa ngejaga kepercayaan yang udah dikasih orang laen ke kita.
itu omongan kedua gue yang secara gak sadar gue ucapin. sumpah, man! pasti rasanya gatel banget kalo kita tau satu rahasia yang orang laen juga penasaran pengen tau, tapi kita nggak bisa omongin itu walopun sebenernya kita tau.

jadi... maenan kayak begini, gak cuma buat cekikik-cekikikan kayak mak lampir, ato buat tau aib orang laen, ato buat tau si inih lagi gebet sape. ada nilai-nilai yang bisa ngebuat kita belajar. daripada lo maen dead or alive di play station?
ehehehehe....

0 tanggapan: