Jumat, Juni 01, 2007

Arogansi IPB?

akhirnya... setelah sekitar tiga bulan... gue mau nulis ini di blog gue...

November 2006, sebuah telepon dari kantor Media Indonesia menyahut telepon seluler gue. mereka ingin membuat halaman khusus mahasiswa setiap hari selasa. untuk tujuan itu, mereka minta gue ngebuat tim di IPB untuk membuat halaman tersebut di bulan Januari, minggu kedua.

singkat kata, tim terbentuk. gue dan yaka yang bertanggung jawab untuk membentuk tim ini. kita ngambil orang-orang yang emang udah ngerti tentang dunia jurnalistik, walaupun cuman jurnalistik kampus. pertemuan kesekian, kita bertukar pikiran tentang hal apa yang akan kami angkat sebagai tulisan. gue dan yaka yang emang gak punya dasar jurnalistik lebih banyak berperan sebagai tim penggembira. dalam canda kita nyeletuk,"gimana kalo temanya arogansi IPB aja." cuma becanda aja, sampai akhirnya kita sepakat untuk ngangkat tentang pemborosan listrik di kampus IPB. ide sederhana juga. kita juga nggak terlalu ambisius untuk urusan ini.

waktu terus berjalan, beberapa wawancara dilakukan. data-data mulai dikumpulkan. tapi rupanya jadwal cetak diundur satu bulan. di saat itulah, orang-orang dari Media Indonesia, mengutarakan keberatan mereka tentang topik yang kami angkat. mereka ingin sesuatu yang menggigit. akhirnya setelah tukar pikiran lagi dengan tim dan supervisor dari mereka kami sepakat mengangkat satu tema otokritik. tentang semakin jauhnya IPB dari dunia pertanian itu sendiri. gue rasa tema yang udah sering jadi wacana. tapi tetep menarik untuk diangkat, apalagi karena mungkin ini adalah otokritik pertama dari mahasiswa IPB.

kita sebenernya udah ngeduga kalo pasti bakalan ada orang-orang yang bakal ngerasa keberatan dengan tulisan ini. dan bener aja, rektorat kayak kebakaran jenggot. telpon dari direktur HUMAS dan SMS panjang dari wakil rektor sampe ke tim yang dipimpin Anan, salah satu orang yang gue rekrut (gue males jadi pemimpin... yaka juga sama aja... adek gue... gampang deh...>>>iklan chunkybar ;P). mereka bilang tulisan kita nggak berdasarkan fakta dan data yang akurat, bla... bla... bla... bli... bli... bli... blu... blu... blu... begini... begini... begini... begitu... begitu... begitu... begitu... begono... begono... begono....

terus terang gue jadi mikir sendiri. apa emang gak seburuk itu keadaan IPB? apa emang pertanian masih jadi core IPB yang bener-bener gede?
ini adalah fakta-fakta yang gue temuin:
1. alumni IPB sendiri banyak yang bilang kalo pertanian itu nggak prospektif. makanya kerjanya banyak di bidang laen.
2. petani di sekitar IPB emang beneran nggak dapet perhatian apa-apa dari IPB. temen gue denger ini dari mulut petani sendiri. sumpah, temen gue jadi malu.
3. penelitian yang dilakuin banyak yang nggak aplikatif. (tapi gue rasa masalah ini gak cuma di IPB sih...)
4. banyak wacana yang digulirkan untuk pengembangan IPB, tapi gak ada yang untuk berkontribusi bagi pertanian. isu IPB mo ganti nama jadi Universitas Riset Bogor lah... mau bikin Fakultas Kedokteran lah... mana pertaniannya?

pertanian emang masih jadi core IPB, tapi dari hari ke hari core ini makin ngecil. apa kontribusi IPB untuk pertanian nasional? gak ada. presiden kita alumni IPB, tapi apa dia perhatian sama pertanian? kayaknya nggak tuh... menteri pertanian sekarang orang IPB, tapi apa harga gabah sama harga pupuk nguntungin petani? kayaknya juga nggak tuh...

akhirnya gue sadar kalo candaan gue sama Yaka yang mau ngangkat arogansi IPB sebagai tema itu bukan cuma becandaan. karena emang orang2 IPB arogan. gak mau ngakuin kalo mereka udah gagal ngebangun pertanian indonesia.
payah...

0 tanggapan: