Jumat, Juni 01, 2007

maklumat tabuh genderang perang

akhirnya... akhirnya... akhirnya...
akhirnya pertanyaan itu keluar dari mulut nyokap gue! tiga kata yang terangkai taunya punya daya yang amat dahsyat untuk bikin gue dongkol, "rae pacarnya siapa?" emang sih selama ini gue belum pernah ngenalin cewek ke nyokap (bukan karena nggak pernah punya!!! cuman males aja... lha wong gue pacaran paling lama cuma delapan hari). mungkin kalo pertanyaan ini terlontar waktu gue masih SMA ato gue masih sibuk dengan kelas di kuliah gue, gue nggak bakal terlalu musingin. tapi seperti kata idesh, salah satu temen kuliah gue, STMJ (semester tujuh masih jomblo) itu buruk! dan gue adalah alumni STMJ. bukan karena sekarang gue udah punya pacar, tapi karena sekarang UDAH SEMESTER DELAPAN, MON!!!

darn.. akhir-akhir ini gue jadi agak canderung kontemplatif. entah kenapa sisi sentimentil gue lagi digelitik aja. karena itu gue sadar banyak banget masalah yang lagi gue hadepin. dan nyokap gue menyadarkan sekali lagi tentang satu hal yang selama ini gue peti-eskan.

well... bukan karena gue nggak laku sih (NAJIS BENER!!!). Tuhan kan emang Maha Adil, karena gue dianugerahi kepinteran yang nggak dimilikin semua orang (arti dari kalimat ini sebenernya adalah gue nggak bagus-bagus amat dalam (banyak) hal yang laen). gue kan orangnya perfeksionis, jadi agak lama-lah untuk urusan yang kayak begini. harus yang bagus, ato nggak sama sekali. ;p

lets skip the chick part.
gue cuman lagi agak tertekan aja oleh banyak hal. dan pertanyaan nyokap tadi cuma ngebuat gue terperosok di lubang yang lebih dalem. inti dari ketertekanan gue saat ini apalagi selain soal penelitian yang masih dalam tahap pengerjaan.

penelitian gue bukan proyek orang, melainkan proyek pribadi yang amat ambisius, jadi dana menjadi constraint utama dalam hidup gue saat ini. uji kimia yang diperluin gue gak bisa dibilang murah. jadi kalo ada yang mo transfer ke rekening BNI gue, amat gue anjurkan. :P

nah.. penelitian gue ini terdiri dari empat tahap. tahap pertama adalah penyeragaman. tahap ini udah gue kerjain selama satu bulan ke belakang. gak ada masalah berarti di tahap ini. nah... sekarang gue mau masuk ke tahap kedua. yaitu penelitian pendahuluan. di sini, bahan-bahan kimia mulai dipake. jadi tadi siang gue mulai make jas lab gue yang ukurannya 4L itu. bikin larutan NaOh, dicampur KI sama HgI2. sebenernya prosedurnya sih gampang-gampang aja. tapi taunya... jauh panggang dari api... nyampur begituan aja gue minta bantuan akhlis, asli demak, buat nimbang+nyampur-nyampur.

walopun gue dapet predikat terbaik kedua dalam GLP (good laboratory practice), tapi rupanya, gue tolol banget kalo lagi kerja. mungkin lebih disebabin karena gue panik sebab ini hari pertama, plus kepala gue emang lagi mumet gara-gara banyak hal. kesalahan paling fatal adalah: GUE KEBANYAKAN NGASIH AER di labu ukur!!! daripada 80 gram NaOH pro analysis terpaksa gue buang percuma, akhirnya gue malah ngebikin larutan itu untuk dua resep. sial... artinya gue harus keluar duit dua kali lebih banyak untuk reagen nessler yang lagi gue bikin. semoga aja, emang sebanyak itu yang gue butuhin. kebodohan kedua adalah waktu gue nyuci labu ukur. serbuk merah (gue lupa... KI ato HgI2 yang warnanya merah itu ya...) menempel di labu ukur. gue gosok pake sikat panjang supaya bisa masuk ke dalem labu ukur. tetep nempel. gue kocok2 pake aer plus sabun, tapi serbuk itu gak bergeming. lumayan lama deh gue di wastafel cuma untuk ngilangin noda itu.

sampai malaikat itu datang...
krishna mukti yang bawa sunlight...
bukan ding...
adek kelas gue, yang namanya dila, rupanya lagi merhatiin gue. bukan merhatiin macem-macem, tapi merhatiin kenapa gue nyuci nggak kelar-kelar. dia ngedeketin gue, terus nanya apa masalah gue. gue jawab,"ini niih... gak mau ilang... padahal uda pake sikat. uda dikocok-kocok." terus, si dila ini dengan tangan ajaibnya megang bagian yang gue maksud. terus digosok-gosok. terus dia teriak,"kotorannya ini kan di bagian luar, tolol! bukan di dalem!" oh... alangkah bodohnya gue... pantesan aja gak ilang-ilang. taunya kotorannya ada di sebelah luar.

yah... semoga aja ini cuma musim pancaroba buat gue. masa peralihan dari orang lapangan ke orang laboratorium. peralihan dari pekerjaan kuli (ngangkut aer, ngasih pupuk, ganti aer, buang lumpur, ngubek2 tai kambing) ke pekerjaan laboran. ala bisa karena biasa. walopun nilai GLP gue gede, tapi bukan jaminan jago kerja di lab. practice makes perfect, dudes.

0 tanggapan: