Jumat, Mei 18, 2007

amien rais terima uang, michael jordan malah baca-baca di perpustakaan

amien rais kesangkut masalah duit dari DKP yang dikasih rokhmin dahuri, mantan menteri kelautan dan perikanan. amien rais ngakunya gak tau kalo itu duit dari DKP, dia taunya kalo tuh duit dari rokmin aja. emang kerasa ada aroma cuci tangan di kasus ini. kalo orang awam yang disuruh nilai, mungkin emang fine-fine aja pernyataan amien rais. tapi seharusnya sebagai seorang politisi, sumber dana yang masuk ke kantong dia itu harus jelas. gak boleh sembarangan nerima uang. apalagi kalo duit itu dipakenya untuk kampanye pemilihan presiden. seharusnya orang yang nerima duit harus menjadi lebih sensitif lagi. kasus kayak begini emang bisa dituntut dengan pasal mengenai gratifikasi seperti yang lagi menimpa wijanarko puspoyo, mantan petinggi bulog, beserta adeknya wijokongko puspoyo yang lagi kongkow di rutan. sebagai politisi harusnya dia ngerti sebagai statusnya yang amat rentan. makanya gue nggak mau jadi politisi. capek pikiran. banyak duit sliweran, tapi gak boleh dipake.

beralih cerita... rumah temen gue ada yang diteror pake surat kaleng. surat kaleng itu isinya kekecewaan seorang ato mungkin juga beberapa orang terhadap bokap temen gue yang naekin harga "sebuah produk" seenak jidatnya sendiri. bokap temen gue ini kalo nggak salah manager pemasaran di perusahaan pemroduksi produk itu, ato distributor begitulah. yang pasti keberadaan produknya itu secara tidak langsung menyangkut hajat hidup orang banyak. alesan bokap dia yang diaminin juga sama temen gue ini adalah.,"loh... itu kan hak gue untuk mo jual berapa. kalo gue ngambil seseran ya wajar dong..." yang begini nih yang bikin negara kita jadi menganut paham ekonomi biaya tinggi. banyak yang nggak sadar dengan hak dan wewenang atas jabatan yang diemban. payah banget.

dua contoh di atas bisa dijerat dengan hukum positif. tapi ada juga orang yang tidak sadar akan tanggung jawab atas status ato kewenangan yang diembannya. banyak selebritis di indonesia yang nggak bisa dijadiin role model. harusnya mereka sadar, ketika mereka mulai wira-wiri di tipi, koran, dan majalah mereka itu juga punya tanggung jawab untuk menjadi panutan bagi masyarakat umum. dan sepengetahuan gue, orang-orang yang kerjaannya kawin-cere dan hamil di luar nikah bukanlah orang-orang yang kita butuhkan untuk jadi role model.

satu contoh orang yang bisa dijadiin role model adalah michael jordan. satu ketika, seorang guru di amerika serikat sana marah-marah ke muridnya yang masih SD. dia bilang,"kenapa kamu ini sering banget bolos? PR juga gak pernah dikerjain! mau jadi apa kamu ini, nak?" si anak ngejawab,"saya nggak suka sekolah, bu. belajar itu bikin capek. saya ingin jadi kayak michael jordan. saya ingin jago maen basket aja. asyik, bisa punya duit banyak, tai gak usah capek belajar."

ngedengar jawaban muridnya yang nyeleneh ini, si ibu guru jadi putus asa. saking keselnya dia akhirnya ngirim surat ke michael jordan yang isinya pengaduan soal anak muridnya yang nyeleneh ini. nothing to lose aja sebenernya dia nulis. gak berharap dapet balesan ato tanggepan dari michael jordan sang idola. namun, gak disangka, gak diduga... beberapa minggu kemudian, si ibu guru dapet kiriman paket ke alamat sekolahnya. isi paket itu taunya sebuah poster gede dengan gambar michael jordan yang make jas rapih lagi duduk baca buku di perpustakaan. terus ada kata-kata yang intinya mo ngebilang kalo michael jordan ngabisin waktu luangnya dengan baca buku.

0 tanggapan: