Senin, Januari 18, 2010

politik statistik

politik bukan hanya sekedar angka-angka, karena yang seperti itu namanya statistik. tapi apa boleh buat, partai politik sekarang hanya peduli dengan angka, sudah enggan menyentuh akar rumput. bilapun iya, maka setiap belaian yang mereka usap ke akar rumput harus terkonversi menjadi sederet angka.

akar rumput lebih dipandang sebagai komoditas, bukan sebagai playground di mana mereka bisa saling membenturkan ideologi dan konsep. padahal program-program berkelanjutan di akar rumput bisa menjadi media promosi kesuksesan suatu ideologi. hanya cuap-cuap dengan saos kecap.

filantrofi bukan sebagai tanggung jawab moral, boro-boro menambah amal. hanya menjadi penting jika bisa menjadi kemenangan di pemilu dan pilkada. tatkala pemilihan usai, bendera warna-warni tersimpan rapat di lemari partai. tidak ada lagi yang berkibar di lokasi korban bencana.

kacamata kuda partai politik, mereka yang dididik dengan demokrasi statistik. di mana pemenang ditentukan dengan jumlah dan rakyat tak pernah mendapat kesempatan untuk menelaah.

3 tanggapan:

Anonim mengatakan...

pertamaxx

Anonim mengatakan...

cendol gan.. sundul..sundul..

-kucing nyengir-

Anonim mengatakan...

"because we're living by numbers..." ataukah terlalu sulit menjadi idealis dalam birokrasi
-anggi-