Senin, Juni 30, 2008

sekali ini tentang rokok (dan sedikit juga tentang ganja -,-v).

temen sekamar gue waktu di asrama ada yang perokok. sekali waktu, kita pernah ngobrol-ngobrol soal rokok. sambil ngembus-ngembusin asep rokoknya, dia bilang ke gue, " gue juga tau diri, re... kalo di tempat umum gue gak bakal ngerokok. kan kasian kalo ada yang keganggu." gue yang denger omongan dia langsung ngelongo dengan muka terbloon yang bisa gue tampilkan...

"lu bisa toleran sama orang yang gak lu kenal di angkot, tapi sama temen sekamar lu sendiri lu cuek aja! gimana sih lu?", denger omongan gue, dia cuman mesam-mesem sambil ngebul-ngebulin asep rokok.

untuk orang yang kecanduan, rokok emang bisa berarti segalanya. mending gak makan daripada gak ngerokok. mending gak nyampur daripada gak ngerokok. hal ini juga yang bisa ngebuat industri rokok indonesia lenggang kangkung ngelewatin era 1998 yang penuh dengan badai ekonomi, karena para perokok tetep ngerokok tanpa mengurangi jatahnya!

rokok gak kenal usia, tua muda hajar bleh. rokok juga gak kenal strata, miskin kaya sikat aja. sekali terperangkap dalam kecanduan rokok, cuma niat yang kuat bisa ngebantu lo lepas dari jeratnya *sotoy mode: ON*. rokok emang bisa bikin orang jadi tolol. bukan tolol dalem artian yang tadinya apal UUD 1945, terus abis ngerokok jadi lupa. tapi tolol dalem ngambil prioritas dalem hidupnya.

tukang ojek, sopir angkot, buruh bangunan yang sering ngeluh karena hidupnya gak kunjung sejahtera sebagian besar adalah perokok, bahkan perokok berat. dalem sehari bisa satu bungkus rokok. anggeplah satu bungkus rokok sekitar 7.500 perak. jadi dalem satu bulan duit yang dia bakar adalah sebesar kurang lebih 225.000 perak! dengan duit sebesar itu, seharusnya bakal ada lebih banyak hal produktif yang bisa dia lakuin daripada bengong-bengong bakar udud.

ratusan mayat yang terbujur kaku karena kanker paru-paru gak ngebuat gentar para perokok yang udah kecanduan. padahal resiko kesehatan gak cuman ngancem diri dia, tapi juga orang-orang di sekitarnya, bayi yang lagi dikandung dia, ataupun keluarganya di rumah. perokok pasif lebih beresiko terkena gangguan kesehatan ketimbang perokok aktif? gue rasa hal ini perlu dilurusin. yang bener adalah merokok secara pasif lebih beresiko terkena gangguan kesehatan ketimbang merokok secara aktif. perlu diingat, bahwa orang yang merokok secara aktif PASTI juga akan merokok secara pasif. toh udara yang dia hirup kan dari situ-situ juga.

ketika sekitar setahun yang lalu sempet mengemuka opini tentang pelegalan ganja, gue justru bener-bener seneng kalo ini bisa terjadi. akan tetapi dengan syarat: ganja dilegalkan dan rokok di-ilegalkan! kenapa?

pertama, ketika orang ngeganja gak bakal ada istilah ngeganja pasif. kenapa? karena semua asep diisep dan gak dikeluarin. gue pernah nanya kenapa peganja-peganja ini melakukan itu, alesan mereka adalah karena ganja mahal, kan sayang kalo asepnya dibuang-buang. dengan demikian, pencemaran udara juga berkurang toh?

kedua, karena ganja mahal, pemerintah bisa dapet keuntungan yang lebih dari pemberlakuan cukai ganja. harga ganja minimal empat kali lebih mahal ketimbang rokok (perbandingan dilakukan pada tahun 2000). kalo selama ini industri rokok bisa memberikan tarikan nafas yang amat baik kepada keuangan negara, apalagi kalo dari industri ganja?

ketiga, peganja-peganja akan lebih cepet mati. semakin cepet mereka membusuk, semakin bagus untuk orang lain. semakin menyedihkan keadaan mereka, semakin gentar orang untuk mulai ngeganja. dan kita gak perlu khawatir dengan dampak rokok, karena rokok udah di-ilegalkan.

smoke weed, you weak...

7 tanggapan:

Anonim mengatakan...

akh gak setuju.. mending ilegalin rokok yg berasep aja.. soalnya ada tuh rokok yg ga ada asepnya..

klo ganja mah bisa bikin mabok.. and bahaya juga buat org laen klo dket2 pengganja.. tp klo dket perokok tanpa asap mah gpp.. ga ganggu.. perokoknya juga cepet mati kox.. amin.. (jahat amat ya)..

Anonim mengatakan...

mungkin semuanya harus ikut pelajran bahasa indonesia lagi buat tau maknanya : Meroko dapat menyebabkan serangan jantung, hipertensi dan gangguan kehamian dan janin.
heran,, ada tulisan gitu aja masih banyak yang pake. apalagi yang gak

temon mengatakan...

rap-sarap lo he..he..
hem... kalo ganja legal kek di belande gitu yak? trus dilokalisir ah nggak perlu, endonesia nggak butuh itu, "filter" orang endonesia kebanyakan kayaknya belom cukup untuk mengatasi hal yg kek begitu

sebenernya ada di balik kegiatan madat itu ada sisi spiritual juga he..he..

BidjonZion mengatakan...

kao di pikir jika ganja di legalkan itu akan membuat indonesia akan damai sepanjang hari

BidjonZion mengatakan...

apa yang menyebabkan ganja itu melanggar hukum??

Rae mengatakan...

iye... kalo ganja dilegalin, indonesia bakal damai setiap hari, tapi produktivitas juga bakal melorot. orang-orangnya pada "terbang", kagak kerja. kan yang penting santai.. uye....
=))

Sunny mengatakan...

Ganja di legalkan? Jadi apa ya negara kita..makin lemot x ya..hehe