Selasa, Desember 04, 2007

ebony and ivory, side by side on my piano as a harmony

satu hal yang mengggelitik ketika pertama kali gue mulai nyari tempat kos beberapa tahun lalu adalah banyak tempat kos yang cuma nerima untuk muslim. sebenernya gue udah lama pengen nulis ini, tapi karena menyangkut hubungan antar beragama jadi butuh banyak pertimbangan.

gue sampe saat ini tetep gak ngerti kenapa ada pendikotomian antar agama untuk tinggal di satu tempat? kalo tempat kos dibedain berdasarkan gender gue bisa sangat memahami. tapi kenapa agama yang dijadiin pembeda?

setelah melakukan beberapa wawancara (cuiih,,, padahal sebenernya cuma ngobrol-ngobrol biasa) rupanya para pemilik tempat kos itu terlalu banyak curiga dengan orang-orang non-islam. yang ada di pikiran mereka itu,"waduh, bisa-bisa kosan gue jadi sarang pemurtadan ummat. bisa dosa gue kalo begitu jadinya." selaen itu pemilik kos juga risih kalo tempat kosnya jadi tempat kumpul-kumpul "pengajian"-nya mereka apalagi terus mereka pada nyanyi-nyanyi pake gitar. oke, dua alesan ini gue rasa udah cukup mewakili, karena emang dua alesan ini yang jadi keberatan terbesar.

soal kehidupan beragama emang jadi soal yang sensitif di masyarakat indonesia. berbeda kalo di amerika serikat dan eropa yang cenderung lebih sekuler, dan agama gak menjadi identitas yang penting (baca: parasit lajang bab agama (ayu utami). phobia akan pemurtadan ummat emang ada di kalangan ummat islam. gue gak bakal ngebela pihak manapun. karena pemurtadan itu emang ada. tapi penggeneralisiran semua yang bukan islam membawa misi pemurtadan itu gue rasa bener-bener konyol. di kalangan islam sendiri juga banyak yang punya misi serupa, mengislamkan yang belum islam. buat gue sah-sah aja. setiap manusia punya misi sendiri-sendiri. selama gak memaksa (apalagi pake anceman) dan "memanipulasi" silahkan aja. toh tiap orang juga bakal mikir-mikir dulu. terlepas dari itu, soal pemilihan agama itu kan hak masing-masing. Allah sendiri gak pernah memfatwakan bahwa halallah darah orang-orang kafir. urusan agama adalah urusan masing-masing individu. tugas kita hanya saling mengingatkan. lakum dinnukum wa liyaddin (bagimu agamamu, dan bagiku agamaku).

yang menarik juga dari soal pemurtadan ini banyak orang islam yang ngerasa kecolongan, karena aqidah soadara-sodaranya dijual demi satu kardus indomie. kalo udah kejadian baru mencak-mencak gak karuan terus sweeping satu agama tertentu. di satu sisi gue emang menyesalkan pemurtadan yang terjadi, tapi di sisi laen, gue juga bilang,"ya ampun, ke mana aje kemaren-kemaren? ada sodara yang butuh pertolongan tapi kita cuek-cuek aja. pas sodara kita diangkut ke rumah tetangga, baru kita kebakaran jenggot." daripada bikin suasana makin keruh (dan malah sama sekali nggak ngundang simpati), lebih baek kita benahin cara kita membina ummat.

kembali ke tempat kos. keberatan kedua adalah adanya "pengajian". wah, soal ini mah gue rasa kita semua (islam maupun nggak) masih harus belajar banyak soal tenggang rasa. gue inget pertama kali gue masuk asrama di IPB, di hari pertama, setelah sholat maghrib, suara orang ngaji kedengeran dari kamar-kamar. bayangin gimana rasanya temen-temen yang minoritas ketika hal ini terjadi, di hari pertama mereka di tempat yang baru? pasti di hati mereka ada rasa kekhawatiran karena mereka seolah-olah terkepung dalam budaya yang berseberangan dengan budaya mereka. jadi ketakutan mereka sama juga dengan ketakutan dan rasa risih yang dirasain kita.

gue inget salah satu dosen gue, yang ISLAM, sebel banget denger suara adzan subuh yang nyaring. awalnya gue pikir,"wah, ni dosen tukang ngorok kalo subuh-subuh dan nggak mau keganggu dengan omongan assholatu khoiru minannaum." tapi rupanya dia sebel karena hal itu ngeganggu temen-temen yang bukan islam, karena jam segitu emang masih jadwalnya tidur. dia juga cerita kalo hotel-hotel di jakarta yang deket mesjid pasti nggak jadi pilihan wisatawan asing karena bakal selalu keganggu pas lagi subuh.

gue nggak bilang setuju dengan omongan dosen gue ini, tapi gue ngeliat kalo dosen gue ini berusaha untuk bertenggang rasa dengan ummat laen. oke, gue nggak ganggu lo, tapi tolong, lo juga jangan ganggu gue. mungkin kira-kira seperti itu.

tapi kalo pendapat gue pribadi sih, gue lebih seneng kalo adzan subuh kenceng-kenceng seperti biasa. tapi konsekuensi dari hal ini adalah gue juga harus mau nerima kalo ada temen kosan yang bikin "pengajian" di tempat kos gue sambil nyanyiin lagu-lagu pujian. dan gue terima konsekuensi itu.

post script: ada yang tau gak sih judul di atas tu kutipan lagu apa dan siapa yang nyanyi? ada yang punya mp3-nya gak? bagi dong!

2 tanggapan:

Anonim mengatakan...

bagaimana dgn undang" yg mengatur pendirian tempat ibadah? di dalamnya memuat salah satu syarat hrs mendapat ijin dari warga sekitar. lalu bagaimana aplikasinya di masyarakat skarang? apakah masyarakat yg mayoritas akan membiarkan terdapat rumah ibadah agama lain di lingkungan mereka? saya rasa tidak. padahal setiap hari 5 kali rumah mereka bising oleh suara azan dari masjid kita? di lingkungan saya malah ada pengajian setiap kamis malam dan suaranya disiarkan lewat pngeras suara.
btw, saya adalah salah satu penganut agama yang mayoritas tersebut

Rae mengatakan...

mereka cuma butuh ngerasain jadi minoritas..