Rabu, Agustus 29, 2007

arti temen

beberapa minggu yang lalu, gue dikejutkan dengan kehadiran seseorang di depan pintu rumah gue. ada satu temen gue yang pernah sama-sama berjuang di sd dan smp yang sama, tau-tau nongol di depan rumah gue di bogor. sebagai informasi, dia kuliah di jogja, dan kemaren dia lagi maen ke rumah temen kampusnya yang ternyata adalah tetangga gue di bogor. dari lampung, mencar ke jogja dan bogor, terus malah bisa ketemuan lagi.... tergantung siapa yang berkehendak, kan?

apa sih arti temen? gue sama dia yang tau2 nongol di depan rumah gue dulu itu dulu gak pernah akrab. bukan karena kita punya sentimen atas diri yang laen, tapi emang kebetulan aja kita nggak pernah punya kesamaan yang mempertemukan kita dalam satu komunitas selain rekan sejawat satu kelas. (eh, kayaknya bahasa gue agak susah dimengerti ya? gue biasain deh, biar nggak bingung... akhir-akhir ini sering diprotes lagi sih...)

walopun kita nggak pernah akrab, tapi somehow, gue seneng banget waktu ketemu dia. kayaknya asik aja. padahal di sini juga gue nggak kekurangan temen. tapi perasaan itu...gimana ya jelasinnya... susah.. tapi SUMPAH!!!! perasaan itu bukan CINTA!!! :P

beralih ke hal lain. ada satu temen gue... *berfikir...* yang terpaksa berurusan sama yang berwajib. dia emang ngelakuin kesalahan, tapi terlepas dari itu, gue nggak pernah ngerasa keganggu sama dia. temen gue ini sebenernya adalah salah satu orang yang sama dengan gue berjuang untuk sesuatu yang sama-sama ingin kita raih.

ketika temen ini ketauan bermasalah, gue baru bisa ngeliat kalo diantara temen-temen gue rupanya banyak yang hipokrit. mulai banyak ungkapan, "aduh... jangan sampe aja nama **N kebawa-bawa." ato, "dari dulu sebenernya gue malu punya temen kayak dia...".

herannya, waktuu dia belum bermasalah nggak pernah ada omongan kayak begitu. kenapa di saat dia jatoh, harus ditambah lagi dengan omongan yang semakin ngejatohin dia. omongan-omongan yang seolah mendeklarasikan: sori, kita gak bisa bantu. lo urus sendiri, dan lo jangan bawa-bawa nama kita.

gue yakin, bukan cuma gue yang kepikiran,"yuk, kita tengokin di tahanan," pastiyang laen ada juga yang prihatin. tapi kenapa yang justru berputar haluan juga mesti sebanyak itu...

di mana gue bisa nyari temen? yang mau ikut senyum ketika gue seneng, dan ngasih tangannya ketika gue jatoh?

0 tanggapan: