Rabu, Maret 28, 2007

telat lagi...

budaya telat bukanlah bagian dari keseharian gue. dari dulu gue selalu menggembleng diri gue untuk sebisa mungkin tepat waktu. hal yang paling mempengaruhi gue dalam menggembleng sikap ini adalah SD gue yang non-milliter tapi sangat bergaya militer. sekolah gue itu punya nama budi bhakti yang kemudian berubah menjadi kartika II-5. sekolah swasta yang dinaungi yayasan PERSIT (persatuan istri prajurit). sekolah gue dicat ijo, temboknya tinggi, kalo dari luar lebih mirip benteng ketimbang sekolahan. kenapa jadi ngebahas sekolah gue ya?

kembali ke disiplin waktu...
gue baru aja balik dari janjian sama temen di sekitar kampus. pas perjalanan ke sana gue udah khawatir banget karena gue yakin bakal telat. di luar dugaan gue, jalanan menuju kampus macet banget. dua menit sebelum waktu pertemuan, sementara gue setengah jalan pun belum ada mobil angkot yang gue tumpangin masih merayap di tengah jalan. gue udah ngerasa bersalah banget. akhirnya gue nyampe juga di meeting point. telat 17 menit! gue celingak-celinguk di meeting point. kok gak ada makhluk yang gue kenal ya? gak ada cewek kece yang bisa diliat juga... gue mulai panik (karena gak ada cewek kece, re?)!di mana gerangan temen2 gue!!!! gue telpon salah satunya...."halo re! lo udah nyampe yak? tunggu yak! gue makan dulu!". busyet!!!! gue udah panik gila... eeee, dia santai-santai makan. akhirnya pertemuan itu ketunda sampe satu jam!

kenapa ya orang indonesia susah tepat waktu? ada yang bilang telat itu emang budayanya orang-orang di negara yang berkembang seperti Indonesia (walopun gue lebih setuju kalo indonesia adalah negara yang mengempis daripada negara berkembang). nah masalahnya budaya telat ini adalah sebagai akibat atau sebab kalo kita korelasiin dengan status ke-"berkembang"an negara tersebut. dari pernyataan yang gue terima berdasarkan penelitian peneliti2 tersebut, dibilang bahwa negara telat itu adalah akibat dari tidak majunya negara tersebut. tapi gue berpendapat laen, menurut gue males itu adalah sebab. sebagai sebab sehingga mengakibatkan negara itu susah jadi maju, karena dipenuhin orang-orang males yang sering telat. gimana mau maju kalo orangnya gak bisa disiplin waktu.

negara Peru di amerika selatan sekitar dua bulan yang lalu mencanangkan disiplin waktu. negara mereka dikenal sebagai negara yang gak pernah tepat waktu, sama kayak negara kita. dipimpin presidennya, Peru memulai langkah pertama mereka untuk bisa tepat waktu dalam segala bidang. pencanangan gerakan nasional itu diawali dengan penyamaan waktu semua warga negara dengan waktu yang dimiliki angkatan laut mereka.

gimana dengan indonesia? seinget gue waktu masih jaman mbah soeharto ada gerakan disiplin nasional yang sering disingkat GDN. tapi sekarang ke mana ya? gak pernah kedengeran lagi. budaya telat bangsa indonesia udah parah banget, bahkan sampe2 televisi pun sering banget telat nayangin acara sesuai jadwal, dan telatnya itu bisa sampe setengah jam lebih! parah banget...

sampe kapan kita masih mau terkungkung dengan budaya yang gak modern ini? mulai dari diri sendiri dulu, kita coba bangun indonesia yang lebih baek...

0 tanggapan: