Minggu, Desember 10, 2006

rae paradox

terus terang, gue punya masalah dengan cara berkomunikasi gue. entah kenapa, gue bisa begitu meyakinkan kalo lagi berbohong. dan entah kenapa, gue nggak bisa bersikap serius untuk sesuatu yang memang bener-bener serius.

jaman-jaman jahilliyah dulu, gue sering ngelakuin... emmm... lets say some dirty works. dan gue selalu ngandelin cara persuasi gue yang mumpuni kalo lagi ngebokis. profitnya? ho... ho... ho... lumayan juga... but as you know... hot money just easy come and easy go...

kemaren, ada adek kelas gue yang nyoba baca karakter gue dari tulisan tangan dan tanda tangan gue. kesimpulan dia begini: rae adalah orang yang ceria, mudah berkomunikasi dengan orang lain, dan selalu optimis. gue koq ngerasa sama sekali nggak ada yang bener dari semua itu. okelah, gue emang beberapa kali ketawa-ketiwi, tapi jauh di dalem hati gue, gue adalah orang yang gloomy abis. tipikal orang yang sering mengurung diri di kamar, duduk di sudut yang gelap sambil mendengarkan lagu-lagu mengeluhnya nirvana. edan!!! bahkan tulisan dan tanda tangan gue pun bisa gue manipulasi.

but c'mon forget the past. apa yang terjadi di waktu yang lalu, biarlah tetap bersemayam di sana. tapi sekarang gue sering banget nggak bisa mengkomunikasikan maksud dan suatu peristiwa dengan baik, karena orang susah percaya dengan gue.

dari analisis yang gue lakuin, gue nemuin beberapa fakta yang menurut gue menjadi penyebab dari semua ini:

1. rae adalah orang yang tak terduga
expect the unexpected, my dear fellows. banyak cerita tentang diri gue yang gue alamin terlalu fiktif untuk hadir dalam realitas kehidupan. mungkin ini adalah salah satu penyebab kenapa orang sulit percaya dengan yang gue bilang.

2. rae punya trauma.
waktu gue ikutan proyek kemanusiaan temen gue di bantul, gue diajarin satu hal menarik dari temen-temen psikologi UNPAD. mereka bilang, kalo ada anak kecil yang ketika mewarnai gambar, dia menggores pensil warna atau crayon mereka dengan kasar dan tekanan besar serta diikuti dengan alur pewarnaan yang tidak searah, maka besar kemungkinan anak itu mengalami trauma. nah, ketika ngedengerin itu, gue langsung inget dengan masa kecil gue. dulu gue nggak abis pikir kenapa gue nggak bisa ngewarnain gambar sebagus temen-temen gue di kelas. warna yang gue hasilin selalu nggak rata. dan selalu nggak searah. yah... walopun telat, akhirnya gue sadar... mungkin dulu gue ngalamin trauma. gue nggak tau, apa trauma itu masih ada sampe sekarang, tapi yang jelas gue sampe sekarang nggak bisa ngomong sesuatu dengan serius. kalo ada suatu omongan yang serius, biasanya gue selipin hal-hal konyol yang bisa mencairkan suasana. dan kalo gue berusaha untuk ngomong serius dengan cara serius, gue selalu tercekat. apa yang mau gue omongin gak bisa sampe di mulut. pikiran gue jernih, dan gue tau runutan apa yang mesti gue omongin, tapi entah kenapa gak pernah sampe keluar berupa "suatu hal yang bisa diukur dengan satuan desibel".

sebenernya ada satu jalan keluar untuk nunjukin siapa diri gue yang sebenernya tanpa distorsi yaitu lewat komunikasi tulisan. sayangnya gak semua orang bisa nanggepin secara serius tulisan gue. maka dari itu, gue harus terus meng-improve kemampuan menulis gue.
(tepatnya lagi, kemampuan mengetik gue, bukan kemampuan menulis. tulisan tangan gue jelek...)

0 tanggapan: