Jumat, Januari 26, 2007

M O R A L

tadi siang gue turun dari angkot dan membayar ongkos dengan uang sepuluh ribuan. karena jarak yang lumayan jauh (perlu gue tekankan bukan karena gue duduknya ngambil jatah 2 orang), gue harusnya bayar ongkos 2.500 perak. tapi pas dikembaliin, rupanya gue dikasih 8.000 perak. mobil itu mo tancep gas... buru2 gue berentiin.

rae :bang, kebanyakan nih duitnya... kelebihan gopek.
sopir :gapapa, saya nggak punya recehan.
rae :lah itu ada gopekan... itu aja bang. (sambil nyodorin duit seribuan buat dituker)
sopir :oh iya... (sambil cengar cengir ngasih duit gopek dan ngambgil duit seribu yang gue kasih)

setelah mobil itu pergi.. gue baru mikir.KOQ GUE DUDUL BANGET YA! gopek tadi kan harusnya rejeki gue. gue jalan kaki sambil terus merutuk diri sendiri. pas lagi jalan gitu, gue inget satu kuliah dari dosen gue. waktu itu dosen gue bilang,"kalian tau apa itu moral? apakah moral adalah segala perbuatan yang kita lakuin sehari-hari? bukan! moral adalah segala tindak tanduk kalian yang secara spontan kalian lakukan tanpa berfikir.". akhirnya gue bisa mengikhlaskan gopek yang memang bukan hak gue juga tadi. artinya moral gue masih oke!

mundur lebih jauh lagi ke belakang, gue inget omongan ketua divisi pendidikan KPK di tipi, dia bilang kampanye pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK itu gak cuma retorika dan omong2 belaka. tapi juga tindakan nyata. salah satu contohnya adalah penanaman kebiasaan menghargai hak orang lain mulai dari tingkat sekolah sd bahkan tk. indikator keberhasilan program ini nantinya akan diuji dengan dibuatnya warung kejujuran. warung dimana pembeli bisa mengambil barang kebutuhannya, lalu menaruh uang pembelian di tempatnya, dan mengambil sendiri uang kembaliannya.

kesannya emang sedikit utopis, tapi mungkin gak juga. yang jelas... dibutuhkan lebih dari seorang rae untuk bisa membangun bangsa ini. kalo gue bisa ngembaliin gopek yang bukan hak gue, kenapa lo gak bisa untuk gak nyatut duit orang laen? masa kalah sama gue?

(...hari ini penyakit sombong gue lagi kambuh...)

0 tanggapan: