Sabtu, Desember 10, 2005

Uji Kadar Air sebagai salah satu uji proksimat

begini....

uji proksimat adalah analisis terhadap suatu bahan yang menyangkut kadar air, protein, dll(rae sok tau!!!). uji ini sering dilakukan dalam pelbagai penelitian (terlepas ketidak tahuan gue kenapa hal ini sering dilakukan dan yang lain tidak).

untuk menguji berapa kadar air yang terkandung di dalam suatu bahan, dapat dilakukan dengan cara oven. gampangnya gini... timbang dulu bahan yang mau diujikan dengan memasukkannya ke dalam timbangan analitik (tidak disarankan jika anda mau menguji kadar air pada beras satu karung. lebih baik dilakukan sampling di beberapa titik terlebih dahulu. cara sampling??? kan lo udah belajar statistik!!!! masa nanya juga???). setelah ditimbang... (misal terbaca bobotnya adalah sebesar 3.234 gram) catat bobot itu di kertas. JANGAN DI TANGAN!!!! ada kemungkinan anda akan lupa dan mencuci tangan anda dengan sabun lifebuoy yang dapat melunturkan tinta pulpen. setelah selesai dicatat... masukkan ke dalam oven dengan suhu 100-110 'C. tujuannya apa? jadi begini... air akan menguap pada suhu segitu (tergantung tekanan, dry bulb dan wet bulb gitu2.referensinya liat aja di steam table).naaah, air itu kan ada dua jenis, air susu dan air tuba, air bebas dan air terikat. air bebas dapat menguap atau lebih tepatnya menghilang dengan sendirinya jika anda membiarkannya di udara terbuka yang kelembabannya nggak gede2 amat. hal inilah yang terjadi pada jemuran anda.kalo anda menjemur jemuran di bawah puun, koq bisa kering ya? padahal kan nggak panas.proses ini biasa dibantu dengan angin. udara yang bergerak membuat permukaan yang basah dapat bersentuhan dengan udara lebih banyak, sehingga lebih banyak air dari bahan yang terserap. jadi... ketika anda bilang,"jemuran gue udah kering... aasyik, nti malem ngapel bisa pake kemeja ijo keren ini!!!", itu sebenernya belum kering.hanya air bebasnya yang keluar dari baju.sementara air terikat hanya bisa menguap jika diberi energi kalor.air akan keluar secara perlahan-lahan melalui jaringan2 yang ada di bahan. jangan membuat bahan menjadi kering seketika dengan memanaskan pada suhu yang terlampau tinggi. akibatnya adalah anda akan mendapatkan permukaan yang kering, namun masih basah di dalam. air yang ada di dalam, tidak dapat keluar karena jaringan yang menjadi jalan dia untuk keluar kadung mengecil dan tertutup pada akhirnya.

pemanasan dengan oven ini dapat dilakukan selama 3-4 jam (tergantung daerah kamu tinggal juga sih...). tapi kalo make oven microwave, proses ini dapat dipersingkat hingga di bawah setengah jam.microwave dapat melakukan ini karena ia memanaskan dari pusat bahan.jadi yang dipanaskan terlebih dahulu adalah air terikat yang ada di inti bahan, BUKAN air permukaan yang bersentuhan langsung dengan udara.akibatnya jaringan yang menjadi jalan keluar bagi air masih terbuka lebar dan akibatnya proses dapat berlangsung lebih cepat.

setelah 3 sampe empat jam segera pindahkan bahan ke dalam desikator.JANGAN MENGGUNAKAN TANGAN KOSONG!!! gunakan alat bantu seperti gegep dan lain sebagainya. selain mencegah tangan lo kepanasan, kontak tangan lo dengan bahan bisa nyebabin berpindahnya uap aer dari badan lo ke bahan. tentunya lo nggak mau hal ini terjadi kan? diamkan di desikator setengah sampe satu jam. amannya satu jam. di desikator bahan akan didinginkan dengan udara kering.di desikator itu kan ada silica gel yang tugasnya untuk menyerap uap aer yang berkeliaran.kalo gak caya, coba aja lo masuk peti yang isinya silica gel selama satu setengah jam. kalo kulit lo nggak keriput2 ada kemungkinan kulit lo terbuat dari plastik.segera masukkan ke dalam desikator, jangan dibiarin di luar terlalu lama.tujuannya??? lo pikir sendiri... gue udah terlalu sering ngejelasin ke lo!!!

udah selesai di desikator, langsung deh timbang lagi pake neraca analitik. kalo percobaan lo sukses... harusnya hasilnya lebih kecil dari yang sebelumnya (kalo make contoh yang tadi bisa aja nilainya jadi 1.211).

nah.... sebenernya yang mau gue omongin bukan tata cara ngoven yang baik.... TAPI kalo lo kerja dengan suatu prosedur... pahami maksud dari tiap langkah yang lo jalanin. Jangan jadi robot yang abis ngelakuin yang ini terus ngelakuin yang itu. kalo lo cuma ngelaksanain prosedur (hal ini sering dijadiin alesan aparat penegak hukum yang diprotes warga), lo cuma bisa ngelakuin hal itu saja dalam hidup lo. tapi kalo lo ngerti alesannya, lo bakalan bisa nemuin hal2 laen yang mungkin bakalan berguna bagi lo dan bagi ummat!

==terinspirasikan dari percakan rae-vivi-zulfan di sapta tempo hari==


Mulai hari ini semua akan berubah!

diambil dari raemustarani.blogs.friendster.com pada 10 12 2005

0 tanggapan: