Jumat, Januari 02, 2009

THE KINGDOM: bukan sekedar tentang perlawanan terhadap teroris Arab

sebut satu judul film holywood yang mengangkat tema tentang teroris arab, maka kemungkinan besar saya akan bilang film itu adalah SAMPAH. tapi berbeda dengan film THE KINGDOM.

buat saya, inti dari film ada di dalam ceritanya, dan saya harus memberikan apresiasi setinggi-tingginya untuk film ini. yang pertama, aksi terorisme yang dilakuin di film ini bener-bener brilian! sangat brilian! teroris arab di film ini bukan cuma sekedar make rompi bom terus lari-lari di tengah orang buat ngebom ato nabrakin mobil yang penuh dengan C4 ke gedung, tapi mereka pake taktik. bener-bener keren!

terlepas dari aksi kebut-kebutan mobil pengawal dan ledakan-ledakan bom, saya ngeliat kalo jiwa film ini justru adalah soal humanisme. kalo di film-film teroris arab biasanya kita disuguhin aksi heroik orang-orang amerika, hegemoni amerika, kedigdayaan amerika, maka di film ini semua dibuat seimbang. film ini emang bukan dibuat untuk meng-counter film-film teroris yang temanya mainstream seperti yang udah saya sebutin di atas, tapi saya yakin kalo film ini dibuat dengan sangat berimbang. bahwa kebencian dan ketakutan orang-orang amerika terhadap orang arab sama dengan kebencian masyarakat islam terutama yang tinggal di jazirah arab terhadap amerika. hal ini dengan sangat indah tertuang di dalam adegan ketika Abu Hamzah (pimpinan teroris) membisikkan kata-kata kepada cucunya yang kemudian dibandingkan dengan adegan ketika Jamie Foxx membisikkan kata-kata penghibur ke Jennifer Garner. sebuah adegan yang membuat skor menjadi 1-1 baik untuk sang teroris maupun untuk tim anti-teroris.

kekuatan laen di film ini juga ditunjukin oleh lakon seorang polisi arab yang ngebantu jamie foxx selama di Arab (sial... gue lupa namanya...). lakon ini megang peran yang amat penting untuk menunjukkan kepada dunia bahwa arab (dan Islam tentunya) tidak selalu tentang keangkuhan, kemewahan, korupnya, dan segala hal buruk lainnya yang selalu ditunjukkan oleh keluarga Istana Saud, dan juga tidak selalu tentang kerasnya pejuang-pejuang Islam ala HAMAS, Al-Qaeda, dan gerakan-gerakan intifada lainnya. warna-warni arab digambarkan dengan indah di dalam film ini.

akhir kata dari cuap-cuap saya tentang film ini adalah bahwa The Kingdom bukan sekedar tentang perlawanan amerika terhadap teroris Arab, tetapi film ini adalah sebuah cermin bagi rakyat amerika. sebuah cermin yang ditaruh dengan samar karena tujuannya bukan untuk menghakimi, tapi untuk memberikan hikmah bagi mereka yang mau menilai dari garis tengah.

0 tanggapan: