Kamis, November 27, 2008

balada loreng di bumi pertiwi

jalanan bandung emang terkenal nyebelin. banyak yang satu arah yang artinya ngebuat orang harus muter-muter untuk bisa nyampe ke satu tujuan. dalam satu kesempatan, gue sempet jadi korban kebiadaban jalanan bandung. gue terpaksa muter-muter nyasar tak tentu arah. pas lagi nyasar itu, gue sempet ngeliat ada gedung punya angkatan laut. sambil ngebawa motor muter-muter gak karuan gue sempet mikir, "ngapain ada gedung angkatan laut di Bandung? padahal Bandung sendiri gak punya laut!" agak susah juga buat gue ngedapetin logikanya, sampe akhirnya gue punya kesimpulan! oh iya!!! bandung kan ibukota propinsi! berhubung penyebaran militer di indonesia ngikutin hirarki pemerintahan sipil (pusat, daerah tingkat I, daerah tingkat II, dst), maka berdirilah gedung milik angkatan laut itu di tengah-tengah bandung yang kering akan laut.

kalo nyimak tuntutan aktivis-aktivis (terutama yang angkatan 98), mereka minta penghapusan dwi fungsi abri, yang intinya adalah menebalkan garis batas antara SIPIL dengan MILITER. salah satu tuntutan mereka yang sampai saat ini masih belum terpenuhi adalah sentralisasi kekuatan militer di pusat-pusat militer. artinya, bisa jadi militer gak perlu ada di tiap kabupaten atau kotamadya. gak perlu ada kodam, korem, sampe babinsa. gue sih setuju-setuju aja dengan ide ini. kalo gak, kejadiannya ya kayak yang tadi itu, bisa ada gedung angkatan laut di tengah kota yang nggak punya laut. bener-bener mubazir. seharusnya yang namanya militer adanya di pangkalan militer aja. bikin beberapa kota yang emang bener-bener jadi basis militer, gak perlu ada di tiap kota. kalo dalihnya untuk pengamanan ya serahin aja ke polisi (dan sipilkan polisi!)

pembauran militer dengan sipil pada beberapa kasus bener-bener ngeganggu. itung aja berapa banyak orang militer yang jadi beking diskotik ato beking perusahaan ekspedisi. militer yang ada di tengah sipil berpotensi menimbulkan praktek premanisme. gue sendiri beberapa kali (padahal mah sering banget) ngeliat orang-orang militer naek angkutan umum tapi gak bayar. kan kasian sopir sama keneknya. kalo cuma angkot mungkin masih okelah. si sopir cuma rugi paling mahal tiga rebu perak. lha kalo yang dinaekin bus antar kota? rugi berapa! aksi-aksi seenak jidatnya ini emang nggak dilakuin sama semua orang militer, tapi diakuin ato enggak, banyak banget kejadian kayak gini. gak cuma naek angkot gratisan, gue juga pernah ngeliat orang dengan modal kaos loreng, rambut cepak, dan berbadan tegap bisa lenggang kangkung masuk ke stadion untuk nonton pertandingan sepakbola tanpa keluar duit sepeser pun.




sampai kapankah stiker seperti di Bus Maya Raya jurusan Bogor-Bandung ini harus tetep terpasang? terus terang gue sih nggak terlalu ngarepin biar semua orang militer jadi sadar dan mau bayar dengan uang penuh, tapi rasanya bakal lebih banyak manfaatnya kalo militer emang dipusatin di pangkalan militer aja.

12 tanggapan:

Anonim mengatakan...

gak nyasar gak belajar re..
gw jg gak bs masukin logikanya tuh, kok militer cuma bayar 50%nya ya?

Anonim mengatakan...

kok bis maya raya sih
bukannya mau naik bis damri dari st.hall :p
suap2 haha...

Rae mengatakan...

@ sagoeleuser5
duh... id lo susah amat sih ngetiknya...
yoi... emang gak masuk logika, tapi lumayanlah daripada gak bayar sama sekali. he he he

@zakazack
hari sabtu ato gak minggu gue mau pesen tiket damri!!! yes!!! mau ikut gak?

Anonim mengatakan...

wedeeehh,,

gw baru tau rae,,klo angkatan dpt beberapa keistimewaan..klo keturunan angkatan dapet juga gk?hihi..

*klo iya,,pgn manpaatin gtuh,,

Rae mengatakan...

@tissuebasah

Nah! Ini dia neh biang-biangnya.
Hehe.

Anonim mengatakan...

biang keributttaaan,,:))

MaYaNG's mengatakan...

bandung kan lautan api...lupa ya?!?!?!

Anonim mengatakan...

@mayang
dah di update jeng, bandung lautan asmara

nah yaho rae ngapain aja di bandung, pantesan ganti" status mulu di fb :))

Anonim mengatakan...

@temon

Heh heh..
Belajar ngeja dulu sana! Banyak banget typo-nya. Ciri-ciri orang gak sabar tuh kalo nulis banyak typo-nya.
*mengalihkan topik pembicaraan*
-rae malas login-

Anonim mengatakan...

Re, serius pengen baca...
Tapi warna latar vs warna tulisan sumpah bikin gw puyeng... Mesti punya tekad yang kuat dan mata yang sehat nih. Gw isi daftar hadir aja deh. Enak, latarnya putih soalnya.

*mengorek luka lama*

Anonim mengatakan...

@nonadita

ahahaha...
serius, kalo warna latarnya terang mata gue yang perih. nti malah males bloging deh gue. gak mau kejadian gitu kan?
hwkwkwkwkwk
-rae males login-

@gheadoang mengatakan...

iya nih, agak-agak pusing bacanya.. ijonya nyolok langsung ke hati, eh ke mata..ahahah