Jumat, September 19, 2008

mukenah

pernah gak ngerasa tolol dengan ide sikat gigi yang bisa getar sendiri. jadi intinya kita nggak perlu ngegoyang-goyang tangan kita untuk ngegosok gigi kita. ini penemuan bener-bener gak masuk akal. tapi anehnya, tetep aja ada orang yang mau beli.

sama aja kayak mukenah. sebenernya buat apa sih ada mukenah di dunia ini? gue gak pernah liat tuh ada orang mau jalan-jalan, tapi sambil pake mukenah. paling banter liat orang pake mukenah di jalanan waktu mereka jalan dari rumah mau sholat ke mesjid. yah... pendapat gue sendiri saat ini sih mukenah itu cuma sekedar pemborosan. harus dicarikan fungsi laennya. jangan cuma buat sholat. kalo cuma buat sholat mah mubazir banget. mungkin kita harus nyoba menjadikan mukenah sebagai trend mode. ke mall pake mukenah, ke kebon binatang pake mukenah, kuliah pake mukenah, ngantor pake mukenah. kayaknya asik tuuuh. jadi mukenah juga bisa berfungsi sebagai pakaian. kalo cuman buat sholat doang mah ngapain perlu mukenah. andai semua perempuan terbuka pintu hidayahnya dan memutuskan untuk menutup seluruh auratnya dan mereka beristiqomah dengan hal itu, maka mukenah gak bakal diperluin lagi di dunia ini. syarat untuk sholat kan menutup semua aurat, bukannya make mukenah. jadi seharusnya dengan pakaian yang tertutup, maka udah sah untuk sholat.

kenapa mukenah dan pakaian dibuat jadi memiliki fungsi yang terpisah? sekarang kan jamannya yang praktis. 2 in 1 ato bahkan 3 in 1 ato bahkan sampe n in 1 (di mana n mendekati tak hingga). shampoo sekaligus conditioner, rice cooker sekaligus magic jar, ponsel sekaligus kamera sekaligus kalkulator sekaligus ini sekaligus itu. KISS!!! keep it simple stupid! ayolah... kalo emang masih ogah make kerudung ke mana-mana, coba deh fungsiin mukenah sebagai pakaian juga.

ah maaf. kayaknya logika gue kebalik. mustinya, ayolah... coba deh fungsiin pakaian sebagai mukenah juga.

24 tanggapan:

Anonim mengatakan...

sikat gigi yang getar sendiri yak, he..he.. ada juga tuh (penyalah)guna(an) lainnya

ah meales ah bulan puasa nggak baek tar batal gw :p
-=ade rae dan temon =-
:))

Putri Karunia Kusumawardani mengatakan...

hahahaha ga prnah kpikiran lho yg mukena dipake ke kebon binatang. ka rae edun!!

Anonim mengatakan...

Buseth..
Si pupet malem" malah komen. Sahur woy.. Sahur..
Hahaha..

Putri Karunia Kusumawardani mengatakan...

sahur jm 0:18?? he? ga mau ah. ntr cpt laper siangnya..

MaYaNG's mengatakan...

2 in 1 ato bahkan 3 in 1 ato bahkan sampe n in 1 (di mana n mendekati tak hingga)--->gue gak doyan jargon bginian, lebih suka kalo jargonnya buy one get one. buy two get three. 70% disc on second item. kalo yang bgitu baru gue tertarik. kalo cuma demi kepraktisan..hm..semakin dewasa dunia, semakin kompleks tuntutan manusia..hehe..XD
(kaga nyambung dul..)

Anonim mengatakan...

Woy Raeeeee....
ahli juga loe nulis,,hehehe....
nglink yaaa :)

Anonim mengatakan...

memperlihatkan tubuh seksi itu sedekah..

Anonim mengatakan...

Masalahnya..
Itu..
Makanya..

... ah sudahlah :P

Gumi Angga mengatakan...

ayolah... coba deh fungsiin pakaian sebagai mukenah juga.

good idea, rae!!!!!

---rae,,, emangnya, mukenah itu pake 'h'?---
---rae,,,,sikat gigi getar mah gak aneh ahh.. kalo gak mau getar, yah disilent ajah...---

hehehehe...

Rae mengatakan...

@putri_angga

gak tau juga ya pake h apa nggak. pake h supaya kesannya lebih rural aja. padahal nggak ngerti juga kenapa harus terkesan rural. ahahahaha...

@maleb
sip bos... udah gue link..

@semua
makasih udah berkunjung

Anonim mengatakan...

Mukena itu cuman dipake di Indonesia sama malasia. Kalo anda pergi ke negara timur tengah atau malah ke eropa, gak ada orang shalat pake mukena. pake baju biasa aja, asal nutup aurat. jangan samakan budaya dengan agama :).

Anonim mengatakan...

betul, sosialisasikan saja idenya, saya mendukung :)

Anonim mengatakan...

betul, sosialisasikan saja idenya, saya mendukung :)

Anonim mengatakan...

hebat hebat

gw mau coba ah pake mukenah ke diskotek

Cm4nk mengatakan...

yup..ide bagus all in one,jadi orang cuma punya 1 pakaian seumur hidup... dan biarkan semua bisnis konveksi tutup.. ;-)
ga da lagi diskon baju akhir tahun
ga da lagi promo sale menjelang lebaran..
=-=-=-=-=-=
*wahhhh indahnya dunia*
*hidup misah misuh*

Anonim mengatakan...

iya ya.. jadi all in one.. tapi berasa kotor aja hadep Allah kalo gak dilapis lagi.. mukena kan gak kotor dibawa ke mana2...

Anonim mengatakan...

met lebaran yaks

Anonim mengatakan...

Kayaknya berkembang neh topik, jadi gatel pengen bahas juga he..he..

Anonim mengatakan...

bikin komen dimana sih (??)

Anonim mengatakan...

mas rae
blog dbcollide is closed :D

btw, blog mu ini aku link ya

Rae mengatakan...

@ kalong:

postingan saya ini kan memang sedang mengungkapkan (dengan gaya saya tentunya) apa yang anda bilang yaitu, jangan samakan budaya dengan agama

@ diany die

gue jadi inget omongan guru SMP gue, "kalo ada orang mendapat pahala ketika dia ada di dalam mesjid itu biasa, tapi kalo ada orang yang bisa dapet banyak pahala ketika dia di dalem diskotek itu luar biasa." he he he... tapi kita akan selalu dituntut untuk bisa menjadi orang yang baek di manapun kita berada, seperti ikan laut yang nggak lantas jadi asin karena ada di dalam aer asin.

@ Cm4nk

uff.... agak susah saya nulis namanya... he he he... gak perlu khawatir mas camang... gampangnya gini deh, kalo judul postingan saya ini saya ganti jadi sarung dan bukannya mukenah gimana? gimana kalo sarung itu gak usah ada di dunia? apakah celana panjang yang adalah produk pengganti sarung akan selalu sama rupanya? rasa-rasanya nggak kan? bisnis konveksi gak akan tutup koq. diskon akhir tahun juga gak bakal ilang. =)

oiah, sekalian saya inget,,, tadinya saya mau ngasih judul postingan ini sarung dan mukenah, tapi saya inget budaya di madura (dan masih banyak lagi daerah maupun orang yang nerapinnya) yang ke mana-mana suka pake sarung. bahkan salah satu kenalan saya yang kerja di tambang minyak bumi di brasil, ketika pulang ke indonesia masih menggunakan sarung pas naek singapore airlines, sampe pramugarinya nanya itu pakean dia pakean dari negara mana saking uniknya. sarung masih lebih banyak fungsinya daripada mukenah, karena sarung masih dipake buat pengganti celana di rumah, buat selimutan pas ronda, juga buat maen ninja-ninjaan. beda dengan mukenah... he he he...

@ nadya

yah itu kan cuma perasaan mbak nadya aja... sebenernya syarat sah sholat itu kan bukan bersih gak kotor, tapi bersih dari najis. jadi sholat di atas tanah yang kotor tanpa alas pun sebenernya gak masalah. bahkan tanah itu sebenernya suci dan mensucikan. jadi sholat bakal tetep sah koq walaupun kita kotor. dan lagi kalo pake mukenah kan cuma melapisi bagian yang kotor, gak ngebuat kotoran itu ilang dari kita yang sedang sholat. keliatan kan esensinya... =)

@temonsblog

weh... ngemeng aja lo.... lo udah utang 5 postingan buat dipublish neh...

he he he....


@ semuanyah....

met idul fitrih...

mohon maaf lahir dan batin ya,..

Anonim mengatakan...

SALAM KENALLLLLL

ampunnn, baru kali ini menu blog yang dikasih award malah bikin runyam yang ngasih award, hahahha...

soal warna, cuekin ajahhh, kalo kata orang sunda mahhh... "blog..blog aing, kumaha aing" :D

anyway, salam kenal mas Rae... silly baca2 yahhh...

*sodorin tangan, salaman*

Silly

ViaVi mengatakan...

mukena dibedain dengan pakaian sehari hari dan dipakai ketika di masjid agar menjaga kesuciannya.. sedikit tersentak dengan kata kata anda, mukena dipakai ke kebun binatang??? sedikit mencoba berpikir lebih jauh dulu, sebelum mengambil sebuah kesimpulan....

Anonim mengatakan...

@silly
Salam kenal juga, bu..
Silahkan diliat-liat. Maap belum ada makanan apa-apa untuk tamu.
Hehe...

@ViaVi-crookZ
Kalo anda tersentak bagus juga. Karena saya memang sedang berusaha membongkar perspektif yang ada di masyarakat bahwa sholat harus pakai mukenah.
.
Terima kasih juga untuk tidak cepat mengambil kesimpulan, semua memang butuh pemikiran lebih dalam.

Tapi sederhananya begini deh, saya pergi ke kebun binatang pake celana panjang yang sama dengan celana panjang yang saya gunakan untuk sholat. Apakah kualitas sholat saya menjadi lebih rendah atau bahkan tertolak karena hal itu?
Atau apakah kualitas kesucian lahiriah perempuan ketika sholat memang harus lebih dibandingkan dengan laki-laki?
Tapi lebih dari itu, menggunakan mukenah ketika sholat saya rasa tidak menjaga kesuciannya seperti yang anda bilang. Karena toh, pakaian sehari-hari (yang selama ini dianggap kurang suci dibandingkan mukenah) tetap dipakai atau tidak ditanggalkan.
Kalau memang demikian, kenapa perempuan tidak sholat dengan menggunakan pakaian sehari-harinya saja seperti yang lazim dilakukan kaum pria?
-rae males login-