Jumat, Juni 22, 2007

research status: INVADER INVASION!!!!

well, setelah proses penyeragaman yang memakan waktu sekitar satu setengah bulan, akhirnya gue memutuskan siap untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih serius, yaitu perkawinan. maksud gue penelitian pendahuluan. oh iya, jadi sebenernya penelitian gue ini terdiri dari empat tahap yaitu penyeragaman, penelitian pendahuluan, penelitian utama, sama permodelan IPAL sederhana.

satu hal yang harus gue siapkan untuk proses kedua ini tentunya adalah air limbah. air limbah yang gue pake adalah limbah industri tahu. dengan berbekal 3 jirigen ukuran 20 liter, di pagi yang cerah itu, gue berangkat ke arah barat bersama seorang hulu balang, si Muad, yang mau-mau aja gue suruh bantuin. perjalanan menuju lokasi pabrik berjarak dua setengah batang rokok berjalan kaki. atau kalo dikonversi sekitar 10 menit naek mubil. perjalanan pergi dilalui tanpa halangan. tapi perjalanan pulang adalah hal yang lain. bukan karena jalan yang menanjak, tapi karena jirigen itu keisi penuh sama aer limbah yang masih panas. 3 x 20 liter aer limbah. kalo aer biasa aja satu liternya sama dengan satu kilogram, artinya 60 liter sama dengan 60 kilogram. tapi ini limbah, bung! densitasnya lebih gede. panas pula! 2 jirigen di gue, satu di muad. dengan semangat membara sembari mendengarkan pidato almarhum presiden soekarno melalui i-pod (boong ding...) kita berjalan dari pabrik menuju gerbang depan pabrik. dari gerbang depan pabrik ke tempat naek angkot masih harus jalan sekitar 200 meter. baru nyampe pinggir jalan depan pabrik, si muad udah ngos-ngosan. ck.. ck.. ck.. padahal kan dia cuma bawa satu jirigen. lha gue bawa dua aja gak ngeluh..(padahal dalem hati, gue udah khawatir sakit pinggang gue kumat, ato pingsan keabisan napas di tengah jalan).

setelah berembuk beberapa saat di kedai kopi, akhirnya kita sepakat nyarter angkot aja sampe kampus. ga apa-apa deh keluar duit lebih, daripada sakit. as you know... healthy is not everything, but without it, everything becomes nothing (just the same as you, babe... =P). perjalanan pulang dilalui dengan hati riang. kami berdua bersama bapak sopir menyanyikan lagu bebek-bebekku sepanjang perjalan. oh... indahnya dunia ini...

bebek-bebekku
mari ke mari
ikutlah aku
ke kebun bibi

di sana banyak
kesukaanmu
cacing yang gemuk
hap... lalu diserbu

(kenapa cerita gue jadi ngelantur begini ya?)
kembali ke cerita... singkat kata, singkat cerita kita sampe di kampus. gotong-gotong jirigen ke lantai dua rasanya bikin dengkul gue mau copot dan bikin badan gue jadi pendek. dengan bantuan troli kita ngebawa tiga jirigen ke lokasi penelitian gue. di mana segala peralatan sudah diset, dan tanaman telah ditumbuhkan.

tapi alangkah terkejutnya hatiku. manakala kulihat ternyata... tanamanku... mereka... DISERANG MAKHLUK ASING!!!!! gue segera mengeluarkan radar alien paling canggih yang gue punya! identifikasi segera gue lakuin atas entitas-entitas tidak bertanggung jawab yang ada di kolam percobaan gue. di air yang gue tumbuhin itu ternyata telah tumbuh dua makhluk yang berasal dari kingdom berbeda. yang pertama adalah salah satu anggota molusca yang berasal dari kingdon animalia. taneman gue ditebengin siput-siput berandalan! jumlahnya banyak banget. tapi ukurannya kecil-kecil. cuma seukuran biji ketan dibagi dua. serangan kedua berasal dari kingdom plantae. tergabung dalam jenis mikrofita yang juga termasuk tumbuhan perintis agaknya. karena bentuknya seperti lumut. tapi hidupnya di air.

sirine tanda bahaya segera berbunyi. status dinaikkan menjadi darurat militer. artileri berat segera dikeluarkan. selang gue pasang di keran aer. jadwal hari ini adalah menumpas tuntas alien-alien biadab ini. satu persatu taneman gue bilas. daunnya gue bersihin. ketiak daunnya juga. bagian akar pun tak ketinggalan. bak percobaan juga gue kuras. rupanya sulit lho... ngelepas badan siput yang udah kadung nempel ke bak. dengan sedikit tenaga tapi bisa lepas juga. satu persatu gue lakuin. ada sembilan bak percobaan, artinya gue nguras sembilan bak, dan mandiin sembilan taneman.

pekerjaan gue akhirnya selesai di pukul 11.30. serangan alien telah ditunpas. kedamaian pun kembali bersinar di bumi. terima kasih superman...

0 tanggapan: