Selasa, Oktober 23, 2007

kangen band, nirvana-nya indonesia

wahahaha... jangan marah dulu bos. emang kesannya keterlaluan banget untuk mensejajarkan nama sebesar nirvana dengan band kampung kayak kangen band. tapi sebenernya mereka itu punya banyak banget kesamaan.

cerita nirvana berawal dari daerah northwest amerika serikat. kurt cobain (gitar dan vokal), yang merupakan otak nirvana, berasal dari aberdeen, yang merupakan bagian pesisir washington yang kumuh. sama seperti kangen band, yang hanya anak-anak kampung. anak-anak yang di wawancara-wawancara awal mereka dengan tipi masih dengan lugunya sering ngeluarin bahasa-bahasa indigen mereka seperti "kamu orang", "dia orang", dan "kita orang".

di awal karier nirvana, baik kurt maupun krist novoselic (bass) bukanlah orang yang berkecukupan. masalah keuangan selalu menjadi santapan. bahkan setelah nirvana melambung dengan album perdana mereka, bleach dan hit mereka love buzz, kurt dan krist pernah jadi pembersih ruangan. bahkan setelah smells like teens spirit meledak, kurt juga pernah tidur di kursi belakang mobilnya karena nggak sanggup bayar sewa apartemen. satu contoh lagi yang ngegambarin kalo kehidupan awal nirvana gak jauh beda dengan kangen band yang cuma pedagang sendal dan cendol keliling.

jadi untuk apa mencela orang desa? karena nirvana udah ngebuktiin kalo orang kampung pun bisa melegenda dan dihormati oleh seluruh dunia. labih baek kalo kita lebih jujur menilai hasil ketimbang terpengaruh oleh bayang-bayang yang ada di sekitarnya. seperti kata abraham lincoln, "tangkaplah pohonnya, bukan bayang-bayang yang terbentuk olehnya."

6 tanggapan:

Anonim mengatakan...

Ah, penghinaan nih, terhadap band sekelas Nirvana. :P

Lagipula, Nirvana membawa warna baru ke dunia musik. Okelah, ada yang bilang Grunge bukan diciptakan oleh Nirvana, tapi inget, mereka yang mempopulerkannya.

Kangen Band? Mempopulerkan (kembali) musik melayu?

Hehhehee

Rae mengatakan...

ah bong ini terlalu meremehkan...

gue juga secara pribadi gak nikmatin musik kangen band, tapi gue tetep ngedukung perjuangan mereka.

di dunia ini gak ada musik bagus dan musik gak bagus. yang ada itu musik yang disukai dan musik yang gak disukai.

anak - anak metal berjuang satu dasawarsa sampe akhirnya metallica bisa diterima oleh kebanyakan orang, meskipun oleh orang - orang metal, metallica dianggap sudah industrial. gue rasa hal ini juga yang lagi dilakukan kangen band. menggeser musik melayu ke arah yang lebih pop. dan liat aja...

voila!!!

suka ato nggak, mereka bisa ngerebut banyak simpati. kalo pendengar mereka kebanyakan dari warga negara kelas dua, itu juga bukan masalah.

vox populi, vox melayu!!!
yeah!!!!
ha ha ha....

Aroel MinD mengatakan...

gw ga setuju klo nirvana di sama2in ma band lain.... pa lg band yg msh ijo ky kangen band.....huaaaaaaaa...... haram hukumnya coy.....krna NIRVANA is NIRVANA
klo maslah bground... sbagian band besar n legend pnya cerita yg keras......cadassssssss.....!!!!
jd gto dah....thanks su..er !!!

Anonim mengatakan...

Sedih hatiku. Ternyata banyak yang tidak kenal Kurt Cobain T_T

http://sibong.wordpress.com/2008/09/28/kurt-cobain-siapa-tuh/

Anonim mengatakan...

gw taunya Kurt Waldheim, SekJen PBB taon brapa gitu..

Anonim mengatakan...

gw sepakat dari dialog yang diatas jadi untuk apah mencela orang desa..blm tentu rang kota bisa berkarya seperti orang desa.contohnya seperti kangen band itu..gw juga sepakat dari dialog Nirvana is Nirvana..tp loe tau karakter nirvana g meledak-ledaknya..tapi loe blm tau g mana sejarah nirvana pe dia jadi legendaris..Salam kenal BEMBENG (Cikarang Storink)"bambanggokil.blogspot.com"..kapan2 main dunk ke blog w yah