Kamis, November 02, 2006

rae itu agamanya apa toh?

busyet!!!!
masa ada temen kuliah gue yang nanyain pertanyaan itu pas gue udah tingkat 3.bayangin!!! tingkat tiga!!! artinya udah lebih dari dua taun keta kenal, tapi dia nggak tau agama gue apa. padahal menurut utami (2000) di dalam parasit lajang, agama adalah salah satu identitas terpenting di indonesia. seseorang dianggap aneh bila tidak beragama.

dan setelah melewati dua tahun (termasuk satu semester di kelas agama yang sama), masih ada yang nggak tau agama gue. emang sih, gue paling males pake peci atau baju koko. tapi gue mesti solat dan kalo masuk kelas gue ngucapin assalamualaikum koq!

ada beberapa alesan kenapa rae tidak memakai peci dan baju koko.

1. peci
waktu gue sd, ada ujian EBTA praktek solat. ketika nama gue dipanggil, gue maju dengan sarung. ketika mau takbirotul ihrom tau2 perut gue dicubit oleh sang guru.
sang guru : mana topi kamu? (maksudnya peci/kopiah. red)
rae si kucing jalanan: (agak kebingungan) gak punya pak.
sang guru : (nyubit lagi) JADI SELAMA INI KAMU NGGAK PERNAH SOLAT?!?!?!?
rae si kucing jalanan: (tambah bingung dan tambah kesakitan karena dicubit) loh, kan pake peci nggak wajib pak! orang naek haji aja nggak pake peci. cuma disuruh pake pakean ihrom!kepalanya gak ditutup apa-apa!
sang guru:solat itu harus pake peci!!! bla... bla... bla... bli... bli... bli... blu... blu... blu... begini... begini... begini... begitu... begitu... begitu...

nah semenjak itulah gue bertekad untuk mensosialisasikan bahwa peci itu gak wajib!toh gue kan bener!!!

2.baju koko
kalo baju koko sih alesan gue sederhana aja. baju koko itu gak nunjukin identitas muslim. baju koko nunjukin identitas bangsa melayu yang muslim. sama sekali nggak ada kaitannya antara baju koko dan islam.

3.ini dakwah gue
lo tau kan misionaris dar gereja yang baik hati kepada warga sekitar, sekaligus berdakwah? nah, model misionaris yang paling ditakutin oleh orang islam (terutama yang fundamentalis) adalah misionaris yang berjanggut, yang kemana-mana make jubah panjang/gamis.dan itulah gue!!! gue bisa diibaratin sebagai seorang misionaris dengan pakaian layaknya orang yang awam agama (padahal emang awam sih...) tapi selalu berusaha untuk menebarkan nilai-nilai islam, dan berusaha menegakkan panji islam di bumi Allah.(busyet... omongan gue udah kayak mujahid aje!). well, tapi gimanapun gue emang nggak sebaik imam di masjid, atau kyai yang diundang ceramah agama di kompleks2, terlepas dari segala kekurangan gue, gue (insyaAllah) istiqomah untuk bersyiar!

bisik-bisik tetangga:
psst... si rae jadi begini karena berkah ramadhan kali ye?



Mulai hari ini semua akan berubah!

diambil dari raemustarani.blogs.friendster.com pada 02 11 2006

2 tanggapan:

nonadita mengatakan...

wheew Rae muslim??
Assalamu'alaikum!

rae mengatakan...

(males login)

waalaikum salam

subhanallah anan...
khaifa khaluq?